Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Pakan Ternak Entok Yang Baik Dan Direkomendasikan Agar Entok Cepat Besar

JSMALFAMART.COMkumpulan Pakan Ternak Entok Yang Baik Dan Direkomendasikan Agar Entok Cepat Besar
Kumpulan pakan ternak entok disini bukan berarti berbagai macam jenis pakan yang bisa digunakna untuk ternak entok. Tetapi apa saja pakan untuk ternak entok yang baik sesuai umurnya. hal ini kami bahas karena sangat penting sekali untuk meningkatkan pertumbuan entok. Sehingga entok yang kita ternak akan cepat besar dan tentunya akan lebih menguntungkan bukan ?

Lalu apa saja kumpulan ternak entok yang baik agar entok cepat besar?
Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.


Kumpulan Pakan Ternak Entok Yang Baik Dan Direkomendasikan Agar Entok Cepat Besar


Kumpulan Pakan Ternak Entok Yang Baik Dan Direkomendasikan Adar Entok Cepat Besar


1. Pakan Anak Entok Umur 1-14 Hari

Unutk entok yang masih berumur 1-14 hari masih sangat membtuhkan nutrisi dan protein yang tepat. Hal ini harus dipenuhi karena pakan pada tahap ini fungsi utamanya yaitu sebagai starter. Dimana kualitas pakan harus baik unutk merangsang pertumbuhan entok itu sendiri.

Pakan yang  direkomendasikan untuk entok umur 1-14 hari yaitu jenis pakan yang memiliki kandungan energi, kalsium, protein kasar, posfor dan juga vitamin. Pakan dengan kandungan gizi tersebut harus ada pada entok yang berumur dibawah 15 hari ini. Ini sangat penting mengingat entok yang masih berumur kurang dari 15 hari sangat rentan terserang penyakit baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Untuk mendapatkan kandungan gizi tersebut, sebaiknya peternak entok memberikan anakan entok dengan pakan pellet starter atau pakan konsentrat starter yang banyak tersedia di toko pakan ternak terdekat.

2.  Pakan Entok Umur 15-35 Hari

Pada usia ini, entok akan mengalami pengurangan dalam hal kebutuhan pakannya. Pada usia ini entok akan membutuhkan pakan yang jauh lebih sedikit dibandingkan pada saat masih usia starter atau pada usia dibawah 15 hari.

Pada masa ini entok sedang memasuki masa pertumbuhan awal. Untuk menunjang pertumbuhannya itu, entok membutuhkan pakan yang mengandung banyak energi.  Energi ini berfungsi untuk mempercepat proses pertumbuhan dan juga untuk menambah bobot entok. Biasanya pada masa ini para peternak entok memberikan pakan konsentrat yang dicampur dengan jagung, dedak atau bekatul dan ampas tahu. Tidak semua bahan dicampur, melainkan hanya satu dari beberapa bahan tersebut yang diplih.

3. Pakan Entok Umur 36-60 Hari

Pada usia ini, kebutuhan pakan entok jauh lebih besar dibandingkan pada tahap sebelumnya. Entok yang berumur 36-60 hari membutuhkan pakan yang banyak mengandung mineral dan vitamin. Kedua zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan entok agar terbebas dari penyakit. Selain itu fungsi dari kedua zat ini juga untuk mempercepat laju pertumbuhan entok serta untuk menambah bobot entok itu sendiri.

Pada umur ini tentu saja entok membutuhkan pakan yang banyak. Keadaan ini akan berakibat pada kebutuhan modal yang akan bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya pada saat usia ini kita sebagai peternak menggunakan pakan yang sudah di oplos atau di modifikasi sendiri. Biasanya para peternak memberikan pakan entok berupa campuran dari konsentrat, bekatul, eceng gondok, ikan rucah, keong, ampas tahu, nasi aking dan lain sebagainya.

Itulah jenis pakan untuk entok atau kumpulan pakan ternak entok yang baik dan direkomendasikan. Sebaiknya dalam pemberian pakan ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Yaitu pada pagi hari sebanyak 40% dari total jumlah pakan keseluruhan dan sisanya yaitu 60% diberikan pada sore hari.