Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Ternak Jangkrik Yang Menginspirasi


Ternak jangkrik sudah terbukti menguntungkan. Pasalnya ada beberapa kisah sukses yang menginspirasi kita semua. Selain itu, kabar gembiranya adalah usaha ternak jangkrik ini sangat mudah untuk dikelola. Inilah yang menjadi alasan kuat berdirinya banyak industri peternakan jangkrik saat ini.

Contoh peternak jangkrik yang sukses berasal dari provinsi Aceh. Tepatnya dari desa Salahaji Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Sahrul namanya, seorang peternak jangkrik yang saat ini mampu mengantongi keuntungan tiga ratus ribuan per harinya. Jika ditotal maka dalam sebualan kurang lebih ia bisa meraup keuntungan hingga sembilan juta rupiah.


ternak jangkrik sukses

Awalnya Sahrul memulai usaha ternak jangkrik ini hanya dengan modal satu juta rupiah saja. Yang ia gunakan untuk membuat kandang dari triplek. Sisanya untuk membeli bibit jangkrik sebanyak 4 kg dan pakan untuk ternak jangkrik tersebut.

Sahrul membibitkan sendiri jangkrik yang ia ternak. Indukan yang akan digunakan untuk menghasilkan bibit ia taruh pada kotak-kotak triplek yang didalamnya telah disusun bekas tatakan dari telur ayam yang di isi dengan pasir. Setiap harinya Sahrul rutin memberikan pakan berupa Voor ayam. Ia juga menambahkan daun singkong dan dedaunan lain.


Baca Juga : Cara Mempercepat Panen Jangkrik Agar Lebih Menguntungkan



Setelah 40 hari biasanya jangkrik akan mulai bertelur di tatakan telur yang telah disediakan tadi. Dalam sekali bertelur, Sahrul mengungkap satu ekor jangkrik mampu menghasilkan hingga ratusan butir telur. Dalam satu hari biasanya Sahrul mampu menghasilkan 6 kilogram jangkrik. Yang dijual dengan harga  lima puluh ribu hingga tujuh puluh ribu per kilonya.

Sahrul mengungkapkan bahwa jangkrik ini memiliki permintaan yang sangat besar. Namun, dirinya belum mampu untuk mencukupi permintaan pasar di Aceh. Jadi menurutnya usaha ternak jangkrik masih menjadi usaha yang memiliki prospek sangat baik kedepannya.