Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebutuhan Pakan Lele Sampai Panen Yang Ideal Untuk Skala Bisnis Atau Usaha

Menghitung kebutuhan pakan lele sampai panen memang sangat diperlukan untuk membuat estimasi awal dalam budidaya ikan lele. Perlu diketahui bahwa letak keberhasilan dalam budidaya ikan lele yaitu tergantung dengan manajemen pakan dan juga pengendalian tingkat kanibalisme pada ikan lele itu sendiri. Jika kita mampu mengendalikan kebutuhan pakan lele sampe panen sesuai dengan kebutuhan lele yang ada pada kolam, tentu hasil yang akan didapatkan akan lebih maksimal.

Ada banyak cara untuk menentukan atau menghitung kebutuhan pakan lele sampai panen. Semua cara diatas dapat di coba. Karena pada dasarnya semua cara menghitung kebutuhan pakan lele tersebut mengacu pada manajemen pakan yang baik. Sehingga budidaya ikan lele yang kita kembangkan tidak mengalami kerugian akibat kebutuhan pakan lele sampai panen tidak seimbang dengan jumlah pakan yang kita berikan setiap harinya.

Baca Juga : Pakan Ikan Lele Berdasarkan Umur Yang Ideal


Berikut ini uraian lengkap terkait dengan kebutuhan pakan ikan lele sampai panen. Silahkan terpakan pada usaha budidaya ikan lele yang sedang anda kelola.


Kebutuhan Pakan Lele Sampai Panen Yang Ideal Untuk Skala Bisnis Atau Usaha

Kebutuhan Pakan 1000 Ekor Ikan Lele Atau Lebih Sampai Panen

Untuk menghitung kebutuhan pakan ikan lele sampai panen, sebaiknya kita menggunakan teknik feeding.  Teknik ini sangat direkomendasikan untuk peternak pemula. Karena menghitung kebutuhan pakan lele menggunakan teknik feeding akan lebih akurat. Dan sudah terdapat tetapan rumus yang bisa menjadi acuan oleh semua peternak. Bahkan untuk peternak pemula sekalipun.

Baca Juga : Cara Budidaya Lele Bioflok Untuk Skala Rumahan Yang Menguntungkan


Berikut ini contoh untuk menghitung kebutuhan pakan lele sampai panen menggunakan teknik feeding.
Langkah-langkah menghitung kebutuhan pakan lele sampai panen :
  1. Siapkan wadah untuk menampung ikan lele yang akan di beri pakan, bisa menggunakan bak atau ember plastik.
  2. Isi wadah tersebut menggunakan air bersih, lalu timbang. Catat hasil timbangan ember yang berisi air bersih tersebut.
  3. Setelah itu, ambil sampel ikan lele yang akan dihitung kebutuhan pakan hariannya.
  4. Ambil sampel sebanyak 10 ekor agar memudahkan dalam proses menghitungnya.
  5. Setelah itu masukan sampel ikan lele ke dalam ember yang sduah di isi air dan sudah di timbang tadi.
  6. Catat berapa berat ember yang sudah terisi air dan sampel ikan lele.
  7. Setelah itu, kurangi berat ember yang sudah berisi ikan dengan berat ember yang belum terisi ikan (berat ember yang terisi air yang sudah kita catat sebelumnya).
  8. Setelah itu, hasilnya silahkan bagi dengan jumlah sampel ikan yang tadi di ambil (10 ekor ikan lele).
  9. Jika sudah selesai dan sudah diketahui hasilnya. Langkah selanjutnya yaitu dikali dengan 2% atau 3% sesuai dengan feeding rate yang akan kita gunakan.
  10. Hasilnya, kalikan dengan jumlah ikan lele yang ada pada kolam.
  11. Itulah jumlah pakan yang harus kita berikan setiap harinya.
  12. Lakukan langkah ini 1 minggu sekali agar mengetahui jumlah pakan ikan yang ideal untuk ikan lele yang sedang kita budidayakan.


Jika anda masih bingung dengan tutorial diatas, silahkan simak contoh menghitung kebutuhan pakan 1000 ekor lele sampai panen berikut ini :


Contoh :

“Ember berisi air tanpa ikan ditimbang dengan berat yang dihasilkan yaitu 1 kilogram. Setelah itu, ember ditambahkan dengan sampel ikan lele sebanyak 10 ekor. Ditimbang lagi hasilnya menjadi 1,5 kilogram. Maka hasil kebutuhan pakan lele yang ideal ?


Cara menghitung :
1,5 – 1 = 0,5 kg
0,5 kg / 10 ekor lele = 0,05 kg
0,05 kg * 3% (feeding rate) = 0,0015 kg
Sehingga kebutuhan pakan lele per ekor sesuai sampel diatas adalah sebesar 0,0015 kg pakan. Karena kita membudidayakan1000 ekor ikan lele, maka hasil tersebut dikalikan dengan jumlah ikan yang ada di kolam yakni 1000 ekor.


Maka hasilnya :
0,0015 kg * 1000 ekor =  1,5 kg perhari


Setelah mengetahui kebutuhan pakan lele per ekor, langkah selanjutnya yaitu hitung berapa kali anda akan memberikan pakan terhadap ikan lele.

Jika menurut ilmu budidaya ikan lele tentu saja pakan ikan lele intensif harus diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Yaitu :
  1. Pagi pukul 08.00 – 09.00
  2. Sore pukul 15.00 – 17.00
  3. Malam pukul 20.00 – 22.00


Baca Juga : Update Harga Pakan Lele 781 2020 Terbaru


Tips Pemberian Pakan Ikan Lele Sampai Panen

Pada budidaya ikan lele, kita harus pintar-pintar mengatur jadwal pemberian pakan terhadap ikan lele. Management pakan yang baik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana caranya
Berikut informasi lengkapnya untuk anda.

Biasanya pada saat umur ikan lele memasuki minggu ke-2, ukuran ikan lele sudah mulai tidak seragam lagi. Hal ini disebabkan oleh daya saing dalam mendapatkan pakan antar ikan lele tidak sama sehingga ikan yang kuat akan semakin besar. Dan ikan yang lemah pertumbuhunnya akan semakin lambat.

Jika hal itu terjadi pada kolam anda, langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara memberikan manajemen pakan untuk kedua jenis ikan lele tersebut. Berikut ini caranya :
Pertama berikan pakan dengan kandungan protein sebesar 25% terlebih dahulu. Berikan pakan kira-kira cukup untuk ikan lele yang memiliki ukuran besar.
Setelah itu, berikan kembali pakan yang mengandung protein sebesar 27% untuk ikan lele ukuran kecil.
Lakukan proses ini hingga ukuran ikan lele mulai seragam kembali.

Selain tips diatas, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan apabila akan memberikan pakan ikan lele. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Pakan konsetrat sebaiknya diberikan sebanyak 2% hingga 3% dari rata-rata bobot ikan yang ada dikolam
  2. Pakan alternatif ikan lele sebaiknya diberikan sebanyak 3% sampai 5% dari bobot ikan lele yang ada di kolam
  3. Pemberian pakan alternatif ikan lele sebaiknya dilakukan proses pengolahan terlebih dahulu. Sehingga tidak menimbulkan penyakit yang dapat merugikan
  4. Pada pemberian pakan, sebaiknya tidak dilakukan dalam satu titik saja, melainkan dilakukan dengan menyebar agar ikan yang lemah juga mendapatkan pakan.

Itulah informasi seputar cara menghitung kebuthan pakan ikan lele sampai panen. Yang terpenting dalam masalah ini adalah bagaiamana caranya kita dapat mennggunakan pakan untuk ikan lele se-efisien mungkin. Sehingga  hasil yang akan didapatkan juga akan lebih maksimal.