Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kolam Yang Baik Untuk Ikan Gurame Agar Cepat Besar Serta Syarat Kolam Yang Baik Untuk Ikan Gurame

Memilih jenis kolam yang baik untuk ikan gurame dalam usaha budidaya ikan gurame tentu saja sangat penting. Karena langkah ini merupakan tahapan paling awal untuk memulai usaha budidaya ikan gurame.


   Jenis Kolam Yang Baik Untuk Ikan Gurame Agar  Cepat Besar Serta Syarat Kolam Yang Baik Untuk Ikan Gurame


Untuk mengupayakan agar ikan gurame cepat besar, tentu saja pemilihan jenis kolam yang baik untuk ikan gurame perlu dipertimbangkan. Hal ini disebabkan oleh peran penting sebuah kolam itu sendiri. Meskipun ikan gurame diberikan pakan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. tetapi jika kondisi kolam yang digunakan untuk memelihara ikan gurame tidak baik tentu saja akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan gurame itu sendiri.

Lalu bagaimana jenis kolam yang baik untuk ikan gurame. Berikut ini akan kami berikan informasi lengkap mengenai jenis kolam yang baik untuk ikan gurame.


Jenis Kolam Yang Baik Untuk Ikan Gurame Agar Cepat Besar



1. Kolam Tanah

Kolam tanah merupakan kolam yang paling baik dan paling ideal untuk ikan gurame. Kolam tanah cenderung memiliki kandungan hara yang mampu menumbuhkan pakan alami di dasar kolam. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat untuk ikan gurame itu sendiri.

Banyak petani atau peternak ikan gurame yang memilih menggunakan kolam tanah ini. Meskipun begitu, apabila anda adalah pemula dan hanya coba-coba lebih baik tidak menggunakan kolam tanah. Karena modal yang dibutuhkan sangat besar.


2. Kolam Tembok

Salah satu persyaratan kolam ikan gurame yang baik yaitu memiliki kontruksi yang kuat. Hal ini sangat penting mengingat pertumbuhan ikan gurame sangatlah lama. Sehingga membutuhkan jenis kolam yang memiliki kontruksi cukup kuat. Sehingg kolam mampu bertahan hingga ikan gurame dapat di panen.

Kelemahan menggunakan kolam tembok yaitu kontruksi kolam permanen. Sehingga apabila akan dipindah tempatkan tentu saja akan sangat sulit. Kelemahan lainnya yaitu kolam tembok memiliki zat beracun dari semen yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan gurame. Tetapi cara ini bisa kita atasi dengan membersihkan kolam terlebih dahulu sebelum dilakukan tebar benih.

Mungkin diantara kita ada yang menanyakan kok tidak ada kolam terpal ?

Memang kolam terpal bukanlah jenis kolam yang baik untuk budidaya ikan gurame. Tentu saja dikarenakan kontruksi kolam terpal yang kurang kokoh. Tetapi jika masih tetap berniat menggunakan kolam terpal. Kita bisa memilih jenis terpal  yang  berkulitas. Sehingga akan lebih tahan lama.

Selain jenis kolam yang baik untuk ikan gurame. Ada beberapa syarat kolam ikan gurame yang baik untuk budidaya ikan gurame. Atau untuk pembesaran ikan gurame. Berikut ini informasi lengkapnya :


1. Kontruksi Kolam

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa ikan gurame memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat lama. Sehingga perlu sakali kontruksi kolam yang cukup kuat. Sehingga kolam dapat digunakan untuk memeilihara ikan gurame hingga masa panen tiba. Tentu saja saran yang terbaik dan kolam yang direkomendasikan untuk memenuhi syarat kontruksi ini adalah kolam tanah atau kolam beton.


2. Lokasi Kolam

Syarat  kolam ikan gurame yang selanjutnya yaitu lokasi kolam. Sebaiknya kolam untuk budidaya ikan gurame dekat dengan sumber air. Mengingat ukuran kolam ikan gurame sangat luas, tentu membutuhkan pasokan air yang melimpah bukan ?

Biasanya para peternak ikan gurame membuat kolam pembasaran ikan gurame disekitar sungai dengan aliran air yang cukup bersih. Selain itu ada juga peternak ikan gurame yang membuat kolam di area persawahan. Tentu saja tujuan utamanya juga sama. Yaitu agar pasokan air melimpah.


3. Luas Kolam

Syarat kolam yang baik untuk ikan gurame selanjutnya yaitu luas kolam yang dibutuhkan untuk budidaya ikan gurame. Luas kolam sangat penting untuk usaha budidaya ikan gurame. Ikan gurame adalah jenis ikan yang membutuhkan luas kolam yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Luas kolam ikan gurame yang disarankan yaitu 50 meter persegi.


4. Kualitas Air

Ikan gurame bukanlah ikan yang mampu bertahan dalam kondisi yang ekstrem seperti ikan lele. Ikan ini sangat membutuhkan kualitas air yang baik dan juga kandungan oksigen terlarut yang cukup banyak. Selain itu, debit air juga cukup berpengaruh untuk menunjang pertumbuhan ikan gurame itu sendiri. Debit air yang ideal untuk ikan gurame yaitu 6-12 liter per detik. Atau sekurang-kurangnya air kolam harus memiliki debit air sebesar 3 liter per detik. Sedangkan kandungan oksigen terlarut yang dianjurkan dalam budidaya ikan gurame yaitu 4-6 mg/ltr air. Dan PH yang dibutuhkan agar ikan gurame dapat cepat besar sekitar 6,5-8.


Baca Juga : 




Itulah informasi terkait dengan jenis kolam yang baik untuk ikan gurame serta syarat kolam ikan gurame yang baik agar cepat besar. Meskipun pemenuhan syarat kolam juga penting, tetapi tetap saja pakan yang baik sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan ikan gurame.

Suhu ideal untuk budidaya ikan gurame yaitu 24-28 derajat celcius. Sebaiknya kita mengatur kedalaman kolam agar mendapatkan suhu air yang ideal tersebut. Biasanya untuk mendapatkan suhu air tersebut kedalam kolam berkisar antara 70-100 cm.