Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Entok Pedaging Yang Cepat Besar Dan Cocok Untuk Usaha Ternak

Jenis entok yang cepat besar sangat cocok untuk anda yang akan memulai usaha ternak entok. Terutama untuk entok pedaging. Memilih jenis entok pedaging yang cepat besar tentu saja akan membuat keuntungan kita semakin maksimal. Karena  usaha ternak entok yang kita tekuni bisa lebih cepat panen.

Untuk anda yang akan memulai usaha ternak entok pedaging, sebaiknya memilih beberapa jenis entok yang cepat besar. Jenis entok yang cepat besar yang kami maksud sebagai berikut :


entok cepat besar


1. Itik Peking Atau Entok Peking

Jenis entok pedaging yang cepat  besar yang pertama yaitu jenis entok peking atau biasa orang menyebutnya sebagai itik peking. Jenis entok ini merupakan jenis entok yang paling banyak diternakan. Hal ini dikarenakan pertumbuhan entok jenis ini cukup cepat. Sehingga sangat menguntungkan untuk anda yang akan memulai usaha peternakan entok.
Itik peking atau entok peking sendiri dapat mencapai berat 3,5 sampai 5 kilogram hanya dalam waktu 4 bulan saja. Tentu hasil ini sangat menguntungkan bagi kita para peternak entok. Selain itu, itik peking ini juga terkenal karena dagingnya yang lebih lembut dan berwarna kekuningan. Sehingga banyak sekali konsumen yang suka dengan daging entok jenis ini.
Ciri-ciri itik peking atau entok peking diantaranya :
  • Mempunyai leher yang lurus
  • Punggung itik peking miring ke belakang, sedangkan pada bagian ekornya hampir tegak lurus
  • Pada bagian kaki lebih pendek dari entok lainnya. Sehingga pada saat berjalan jenis entok ini perutnya terlihat sering menempel ke tanah
  • Bulu memiliki warna yang putih bersih dan halus
  • Pada paruh dan kakinya berwarna kuning tua atau orange.

2. Itik Manila

Jenis entok yang cepat besar kedua dan banyak di ternakan oleh para peternak entok pedaging yakni jenis entok manila atau biasa disebut sebagai itik manila. Itik manila ini berasal dari negara brasil. Dan memang awal mulanya diternakan di negara Brasil, dengan sebutan itik pato. Tetapi saat ini sudah banyak para peternak di indonesiI yang ternak jenis itik ini untuk di ambil dagingnya.

Itik manila atau entok manila ini merupakan entok yang memiliki ukuran paling besar diantara jenis entok lainnya. Bobotnya bisa mencapai 3 hingga 3,5 kilogram hanya dalam waktu 3 bulan saja. Selain itu, jenis entok ini memiliki daya eram yang sangat baik. Tidak seperti jenis entok lainnya yang sering tidak mengerami telurnya.
Adapun ciri-ciri dari entok manila atau itik manila sebagai berikut :
  • Kepala entok ini besar dan berjambul
  • Pada bagian pangkal paruh dan mukanya terdapat benjolan-benjolan seperti kutil
  • Lehernya tidak terlalu panjang, namun leher entok jenis ini sangat kuat
  • Sayap kuat dan panjang, sehingga pada entok jenis ini yang sudah dewasa bisa terbang dengan cukup baik
  • Warna bulu kebanyakan hitam, tetapi kadang juga ditemukan itik manila yang memiliki bulu berwarna putih


3. Itik Branti Atau Entok Branti

Jenis entok yang cepat besar yang terakhir yaitu jenis itik branti. Itik ini merupakan itik yang dihasilkan dari persilangan antara entok betina jenis alabio dengan entok jantan jenis tegal. Hasil persilangan ini menghasilkan jenis entok yang cepat besar. Biasanya mampu memiliki bobot 3 hingga 3,5 kilogram dalam waktu 4 bulan. Dan jenis entok ini juga banyak diternakan oleh para peternak.

Itulah jenis entok yang cepat besar yang bisa anda pilih untuk usaha ternak. Untuk rekomendasi dari kami anda bisa memilih jenis entok peking. Entok ini sudah terkenal dikalangan para peternak entok pedaging.


Baca Juga : Cara Membuat Pakan Entok Agar Cepat Besar Dengan Biaya Sedikit