Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangka Waktu Bulu Kucing Tumbuh Yang Ideal

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk bulu kucing bisa tumbuh kembali ?
Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh para pecinta kucing. Memang banyak dari kita yang belum mnegetahui jangaka waktu kucung tumbuh dengan ideal. Sehingga masih banyak pertanyaan yang memang membuat kita penasaran. “Kapan sih bulu kucing ini tumbuh dan kembali lebat seperti semula ?”
Untuk lebih jelasnya, kali ini kami akan memberikan informasi tentang jangka waktu bulu kucing tumbuh dengan ideal. Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.

Sebelum masuk ke berapa lama bulu kucing tumbuh atau jangka waktu bulu kucing tumbuh. Sebaiknya kita mengetahui dua tipe bulu kucing. Diantaranya :

Jangka Waktu Bulu Kucing Tumbuh Yang Ideal

1. Undercoat Fur

Yaitu jenis bulu kucing yang paling dekat dengan kulit kucing itu sendiri. Bulu memiliki karakter lebih halus dan berfungsi sebagai penghangat bagi tubuh kucing itu sendiri.


2. Guardhairs

Tipe bulu kucing yang kedua yaitu tipe bulu Guardhais. Bulu berada pada bagian luar Undercoat Fur. Dan bulu inilah yang terlihat berkilau (bersih) serta memiliki karakteristik lebih ringan.

Mungkin buat para pecinta kucing sering merasakan kejanggalan atau keanehan setelah mencukur bulu kucing kesayangannya. Hal ini disebabkan oleh dua tipe bulu diatas yang dimiliki oleh kucing kesayangan kita. Pada saat dilakukan proses pencukuran bulu, nantinya bulu Guardhairs  akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan bulu Undercoat Fur. Oleh karena itu pertumbuhan kucing ini akan terlihat sedikit lebih aneh.


Berapa Jangaka Waktu Pertumbuhan Bulu Kucing ?

Untuk setiap jenis kucing tentu saja memiliki pertumbuhan bulu yang tidak sama. Tetapi rata-rata pertumbuhan bulu kucing yang ideal yakni 0,4 – 0,5 mm per hari. Untuk bulu kucing yang memiliki pertumbuhan paling cepat yaitu dari jenis kucing persia. Biasanya jenis kucing persia memiliki pertumbuhan bulu sepanjang 0,6 - 0,88 mm per hari.

Pertumbuhan bulu kucing ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Karena bisa saja pertumbuhan bulu kucing anda lebih lambat dari yang kami perkirakan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Semisal penyakit jamur dan lain-lain.

Selain dari jamur, sebenarnya pertumbuhan bulu kucing ini juga dipengaruhi oleh faktor makanan. Kita tahu bahwa bulu kucing terbuat dari protein. Nah, jika makanan kucing yang kita berikan tidak mengandung banyak protein, maka bisa dipastikan bahwa bulu kucing tersebut akan cukup lama untuk tumbuh. Selain itu, jika makanan yang kita berikan pada kucing tidak memiliki banyak protein, maka bisa menyebabkan bulu kucing lebih kering, rontok dan jika kita raba atau disentuh terasa sangat kasar.