Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Vaksinasi Ayam Joper Sesuai Umur Lengkap

Jadwal vaksinasi ayam joper perlu diperhatikan oleh para peternak ayam joper. Hal ini akan berkaitan pada perkembangan ayam joper itu sendiri. Dan juga nantinya akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh untuk ayam joper.


Jadwal Vaksinasi Ayam Joper Sesuai Umur Lengkap


Kali ini akan kami berikan informasi mengenai jadwal vaksinasi ayam joper sesuai umur yang lengkap. Tentunya kami berharap informasi ini akan membantu anda untuk mendapatkan kapan waktu yang tepat untuk vaksinasi ayam joper.
Berikut ini jadwal vaksinasi ayam joper lengkap sesuai umur :
  • Vaksinasi ayam joper umur 3 hari. Pada tahap ini vaksin yang diberikan yaitu vaksin jenis strain F atau strain RIVS2. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit ND atau biasa disebut dengan penyakit tetelo. Cara pemberiannya diteteskan melalui mata.
  • Vaksinasi ayam joper tahap 2, yaitu pada saat ayam joper berumur 10 hari. Vaksin yang diberikan pada umur ini jenis vaksin gumboro. Sesuai dengan namanya, vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit gumboro. Cara pemberiannya bisa di teteskan pada mulut ayam joper atau bisa melalui air minum.
  • Vaksinasi ayam joper tahap 3, yaitu dilakukan pada saat ayam joper berumur 21 hari. Pada tahap ini vaksin yang digunakan yaitu vaksin jenis starin F atau strain RIVS2. Fungsinya sama yaitu untuk mencegah penyaki ND atau tetelo. Sementara cara pemberiannya melalui tetes mata.
  • Vaksinasi ayam joper tahap 4, yaitu diberikan pada saat ayam berumur 30 hari. Jenis vaksin yang digunakan pada tahap ini vaksin Medivac Avian Influenza (A.I). Pemberian vaksin ini dilakukan dengan cara di suntik. Dilakukan untuk mencegah penyakit flu burung.
  • Vaksinasi ayam joper tahap terakhir atau tahap 5, yaitu diberikan pada saat ayam joper berumur 60 hari. Vaksin yang diberikan yaitu jenis vaksin Strain F atau Strain RIVS2. Fungsinya tetap sama yatu untuk mencegah penyakit ND atau tetelo. Smeentara untuk pemberian vaksin ND pada tahap terakhir ini dilakukan dengan cara disuntik.

Itulah jadwal lengkap vaksinasi ayam joper yang bisa anda lakukan. Silahkan terapkan pada peternakan ayam joper yang sedang anda kelola agar ayam joper tidak mudah sakit ataupun mati.