Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ikan Dupress Paru Afrika Yang Banyak Dicari Orang

JSMALFAMART.COM- Ikan Dupress Paru Afrika 
Mendadak viral, Ikan dupress paru Afrika atau biasa disebut sebagai ikan lungfish merupakan ikan yang mampu hidup tanpa air atau hidup didalam tanah. Ikan ini diyakini tidak hanya memiliki insang saja dalam sistem pernafasannya. Tetapi juga memiliki paru-paru seperti mamalia pada umumnya.

Ikan dupress paru Afrika atau lungfish ini termasuk dalam salah satu spesies ikan purba yang muncul pada zaman Devonian Awal. Yakni muncul sekitar419,2 juta hingga 393,3 juta tahun lalu. Tetapi, ada beberapa peneliti yang berhasil menemukan ikan ini muncul di sungai dan danau di benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia. Di dunia diketahui ada 4 jenis Ikan dupress paru Afrika atau lungfish. Yakni Australian Lungfish, South America Lungfish, African Lungfish dan Devonian Lungfish.


ikan drpress paru afrika, lungfish



Dilansir melalui laman Britannica, selasa (30/7/2019), Lungfish Australia ternyata bisa hidup dengan panjang 1,25 m dengan berat mencapai 10  kilogram. Tetapi untuk semua jenis spesies Lungfish, spesies yang berasal dari Afrika yang memiliki ukuran terbesar. Ikan dupress paru Afrika atau lungfish Afrika mampu mencapai panjang hingga 2 meter.
Ikan dupress paru Afrika atau lungfish ini masuk ke dalam anggota ikan air tawar. Ikan ini banyak ditemukan di sekitaran garis khatulistiwa. Untuk penyebaran di benua Afrika, Ikan dupress paru Afrika ini sangat berlimpah dan menyebar di tepi sungai, daerah becek, danau dan bersembunyi diantara tanaman di sekitar utara Senegal dan Selatan Mozambik.  Sementara lungfish yang ada di Amerika Selatan memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Yaitu menyerupai belut dan hidup di aliran dangkal serta berlumpur. Banyak di temukan di sungai Chacho, Paraguay.