Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Lengkap Sapi Jersey – Keunggulan, Kualitas Susu Dan Pertumbuhannya

Sapi Jersey merupakan salah satu jenis sapi perah kecil. Sapi Jersey memiliki warna tubuh yang beragam, mulai dari hitam, merah tua, coklat kekuningan dan terkadang ada warna putih dibagian tertentu. Sapi Jersey ini merupakan sapi yang berasal dai Kepulauan Jersey. Dan merupakan salah satu dari tiga breed ternak Channel Island.

Taksonomi Sapi Jersey

  • Nama Ilmiah : Jersey
  • Tingkatan Takson : Ras
  • Klasifikasi Lebih Tinggi : Sapi
  • Massa : Jantan 540 – 820 Kg (Dewasa Berukuran Besar) Dan Betina 400 -500 Kg (Dewasa Berukuran Besar)


sapi jersey

Informasi Sapi Jersey

Mungkin teman-teman menyangka bahwa sapi Jersey berasal dari New Jersey. Tetapi kenyataannya sapi Jersey sendiri berasal dari Inggris. Yakni dari kepulauan Jersey yang berdekatan dengan pulau Guernsey.

Sapi Jersey merupakan salah satu jenis sapi perah yang paling kecil diantara ras-ras sapi perah lainnya. pada ukuran dewasa sapi Jersey hanya berbobot 680 kg untuk jantan dan 360 kg saja untuk sapi betina. Sedangkan untuk warna kulit dari sapi Jersey sendiri kebanyakan memiliki warna coklat dengan belang-belang putih. Pada kedua telinganya mencuat keluar dan berbentuk seperti daun. Sapi Jersey juga memiliki tanduk yang melengkung keatas. Tetapi tidak sampai sebesar tanduk kerbau.

Sapi ini juga sapi yang moody, meski tubuhnya relatif kecil. jika suasana hati mereka sedang tidak bagus tenaganya akan sangat besar dan sulit untuk dijinakkan. Terutama pada saat musim kawin atau sapi Jersey betina yang sedang hamil. Sekali merasa terganggu sapi-sapi ini akan segera mengejar kita.

Keunggulan sapi Jersey

Sapi Jersey merupakan sapi yang lebih cepat dewasa daripada ras-ras sapi perah jenis lainnya. sehingga jika anda mencari jenis sapi perah yang cepat untuk bisa diambil susunya tentu sapi Jersey adalah pilihan terbaik.
Tidak hanya itu, kandungan lemak dalam susu sapi Jersey sendiri sangat tinggi. ntuk sapi Jersey, produktivitas susunya sangat tingggi. Yaitu mencapai 4.000 liter dalam sekali laktasi. Tentu ini sangat cocok untuk para peternak sapi yang mengutamakan produksi susunya.


Krakteristik Sapi Jersey

Sapi Jersey memiliki karakteristik yang sangat peka dan kurang tenang. Dengan sifatnya yang tidak tenang ini sapi Jersey sering terganggu dengan perubahan-perubahan disekitarnya. Tetapi tidak berpengaruh pada kualitas serta produktivitas susunya. Sapi Jersey juga lebih tahan terhadap panas.

Keunggulan Sapi Jersey

Sapi Jersey memiliki beragam keunggulan dibandngkan dengan beberapa ras sapi perah lainnya. sehingga sapi ini menjadi idola para peternak sapi perah. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang menggunakan sapi Jersey. Berikut ini keunggulan sapi Jersey dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya :
  • Sapi Jersey dapat menghasilkan 500 gram susu dengan biaya lebih rendah
  • Jarang terdapat masalah meskipun pada saat melahirkan
  • Susu sapi Jersey memiliki kandungan gizi tinggi
  • Produktivitas susunya juga lebih tinggi dari sapi perah jenis lain
  • Harga susu sapi Jersey tergolong mahal dan masuk kedalam kategori harga susu premium
  • Susu sapi Jersey mengandung 18% protein lebih tinggi dari susu hasil sap perah jenis lain. Kalsium 20% lebih tingi dan lemas 25% lebih tinggi
  • Berpotensi mengalami mastitis lebih rendah dibanding sapi perah jenis lain


Baca Juga : Usaha Ternak Yang Cocok Untuk Lahan Sempit Dengan Modal Kecil


Itulah informasi lengkap mengenai sapi Jersey. Sapi perah yang mampu menghasilkan produktivitas susu sangat baik dan tentunya cepat besar. Meskipun memiliki postur tubuh sedikit lebih kecil dibandingkan dengan sapi jenis lainnya