Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Gas Metana Dari Hewan Ternak Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Gas metana dari hewan ternak dapat digunakan sebagai salah satu bahan bakar yang tentunya bermanfaat bagi manusia. Kita akan membahasnya lebih lanjut mengenai fungsi gas metana ini. Pasalnya memang belum banyak masyarakat yang memiliki pengetahuan bahwa sebenarnya gas metana dari hewan ternak dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan sumber energi bahan bakar bagi kehidupan sehari-hari.
Untuk itu, Yuk simak informasinya!


 Gas Metana

Gas metana sendiri berasal dari limbah makhluk hidup (kotoran makhluk hidup) ataupun dari sampah. Gas metana adalah hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4. Metana tidak memiliki bau. Tetapi, metana ini juga termasuk ke dalam gas rumah kaca. Saat ini, penyumbang terbesar dari gas metana adalah bersumber dari hewan ternak.

 Fungsi Gas Metana

Fungsi dari gas metana dari hewan ternak dapat digunakan sebagai salah satu bahan bakar yang berguna bagi manusia. Metana bisa diolah menjadi biogas yang menghasilkan api lebih panas dari batubara. Biasanya dalam pemanfaatan metana menjadi gas akan ditambahkan belerang. Fungsinya adalah untuk mendeteksi apabila terjadi sebuah kebocoran.

Metana dalam biogas, bila terbakar juga akan relatif lebih bersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida. Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfer oleh fotosintesis tanaman, sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon di atmosfer bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.

Saat ini sudah banyak negara maju yang memanfaatkan gas metana untuk keperluan sehari-hari. Yakni sebagai sumber energi yang bisa mengantikan gas alam. Tentunya kita juga berharap bahwa pemerintah Indonesia juga mengambil langkah ini agar lingkungan kita semakin ramah lingkungan.