Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Komoditas Yang Sering Di Trading Oleh Para Investor

JSMALFAMART.COMDaftar Komoditas Yang Sering Di Trading Oleh Para Investor
Mungkin dari kita semua masih banyak yang belum paham tentang trading komoditas. Pasalnya yang familiar di masyarakat tentang trading yakni trading saham dan trading forex. Padahal trading komoditas ini juga bisa memperkaya portofolio kita loh. Lalu apa saja jenis komoditas yang sering di trading oleh para investor. Akan kami ulas secara lengkap pada uraian dibawah ini.


Daftar Komoditas Yang Sering Di Trading Oleh Para Investor


Pengertian Dan Jenis Komoditas

Secara historis komoditas merupakan salah satu dasar untuk menentukan kemakmuran bagi banyak negara. Komoditas sendiri juga telah berperan penting bagi peradaban manusia. Baik komoditas yang ditambang, diternakkan maupun komoditas yang diambil langsung dari alam. Dan tentu saja semua itu tidak akan lepas dari yang namanya perdagangan.

Perdagangan komoditas sendiri telah dilakukan oleh banyak perusahaan raksasa multinasional. Mereka  mulai membangun pengolahan atau biasa disebut sebagai perdagangan komoditas. Nah, perdagangan ini bisa secara kontak dan kontrak. Perbedaannya adalah jika kontak yaitu perdagangan secara tradisional dari penambang, pengepul dan seterusnya. Sedangkan kontrak adalah perdagangan yang mengacu pada kontrak pesanan yang akan sesuai dengan prinsip ekonomi seperti hukum permintaan dan penawaran. Jenis perdagangan kontrak ini biasa disebut sebagai futures.
Untuk jenis komoditas digolongkan menjadi tiga. Diantaranya sebagai berikut :
  • Komoditas Energi. Komoditas energi merupakan salah satu jenis komoditas yang berperan paling vital disebuah negara dan memiliki pengaruh yang sangat banyak bagi suatau negara. Komoditas energi sendiri meliputi minyak mentah dan gas. Untuk pasar utamanya tentu saja berada di Amerika Serikat sehingga sebagai acuan harganya menggunakan Dollar AS.
  • Komoditas Logam. Komoditas logam ada dua macam, yakni logam berharga dan logam industri. Untuk logam berharga meliputi emas, perak dan lain-lain. Sedangkan untuk logam industri meliputi tembaga, besi, nikel dan lain-lain.
  • Komoditas Agri. Komoditas agri adalah komoditas yang bisa diciptakan oleh manusia. Dimana komoditas agri sendiri juga terbagi menjadi dua jenis. Diantaranya komoditas pertanian dan komoditas peternakan. Untuk komoditas pertanian meliputi jagung, kedelai, hasil hutan berupa kayu. Sedangkan untuk komoditas peternakan berupa ternak hidup dan pakan ternak.


Jenis Komoditas Yang Sering Di Trading Oleh Investor

Dari ketiga jenis komoditas yang telah disebutkan diatas. Hanya ada sebagian komoditas yang biasa dipilih oleh para investor. Penyebabnya adalah peran penting komoditas itu sendiri dalam kehidupan manusia. Sehingga secara teori komoditas tersebut akan selalu dibutuhkan dan harga yang dihasilkan akan selalu mengalami fluktuasi.


Jenis Komoditas Yang Sering Ditrading Oleh Investor Antara Lain : 

  • Komoditas Energi. Komoditas energi banyak dipilih karena jenis komoditas ini adalah komoditas yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi bagi sebuah negara. Baik negara maju mauapun negara yang berkembang. Karena kebutuhan dan juga memiliki peran penting inilah biasanya violitas harga pada komoditas energi lebih tinggi dibandingkan dengan komoditas lain.
  • Komoditas Logam Berharga. Kita tahu bahwa logam berharga adalah salah satu asset untuk mengamankan kekayaan. Inilah yang menjadi dasar investor memilih logam berharga sebagai salah satu jenis komoditas yang di trading. Biasanya mereka akan ramai membeli komoditas ini ketika kondisi pasar sedang kacau.

Itulah informasi terkait dengan jenis komoditas yang sering di trading oleh investor. Kami ingatkan bahwa resiko dalam pasar komoditas juga tidak kalah besar dengan resiko investasi lain. Sehingga perlu pemahaman dan juga pengalaman yang mempuni untuk terjun didalamnya.