Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Ikan Lele Jantan Dan Betina Yang Mudah Dipahami

Ciri-ciri ikan lele jantan dan betina tentunya banyak dicari tahu oleh para pembudidaya ikan lele terlebih pembudidaya yang memproduksi bibit ikan lele. Ciri-ciri ikan lele dan betina menjadi pengetahuan paling mendasar sebagai seorang pembudidaya lele yang akan melakukan proses perkawinan lele atau pemijahan lele.

Sebenarnya jika kita teliti, perbedaan antara ciri-ciri ikan lele jantan dan betina ini sangat mudah untuk dikenali. Karena ada beberapa bagian tubuh baik dari ikan lele betina maupun jantan yang bisa dibedakan. Untuk informasi lengkap mengenai ciri-ciri ikan lele jantan dan betina bisa anda simak pada informasi berikut ini!

Ciri-Ciri Ikan Lele Jantan Dan Betina

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki ciri fisik berkumis dan tubuh atau kulitnya berlendir. Habitat asli ikan ini tentu saja di air tawar dan banyak di temui di berbagai sungai kawasan Asia Tenggara. Senjata ikan ini adalah patilnya yang tajam dan bercaun meski tidak mematikan. Serta memiliki kepala yang keras.

Ikan lele banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Bahkan untuk saat ini banyak sekali teknik budidaya lele yang menggunakan cara lebih modern untuk meningkatkan hasilnya. Banyak juga pembudidaya yang mulai memijahkan ikan lele untuk menghasilkan bibit berkualitas dan cepat besar. Tentu untuk melakukan kegiatan pemijahan para pembudidaya harus memiliki keahlian dalam membedakan ciri-ciri ikan lele jantan dan betina. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan informasi mengenai ciri-ciri ikan lele jantan dan betina untuk membantu para pelaku budidaya ikan lele.

Ciri-ciri ikan lele jantan sebagai berikut :
  • Ikan lele jantan memiliki ukuran kepala lebih kecil dibandingkan dengan ikan lele betina
  • Warna kulit ikan lele jantan lebih gelap dibandingkan dengan ikan lele betina
  • Urogenital papila atau alat kelamin agak menonjo dan memanjang ke arah belakang. Alat kelamin lele jantan ini terletak dibelakan anus dan memiliki warna kemerahan
  • Gerakan lele jantan lebih lincah dibandingkan dengan lele betina. Serta pada bagian tulang kepalanya lebih pendek dan lebih gepeng.
  • Perut ikan lele jantan juga lebih langsing dibandingkan dengan ikan lele betina
  • Kulitnya lebih halus


Ciri-ciri ikan lele  betina :
  • Kepala ikan lele betina memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ikan lele jantan
  • Warna kulit dibagian dada agak terang dibandingkan dengan warna kulit ikan lele jantan yang lebih gelap
  • Urogenital papila atau alat kelamin pada ikan lele betina berbentuk oval. Alat kelamin pada lele betina terletak di belakang anus dengan warna kemerahan dan lubangnya agak lebar.
  • Gerakannya juga lebih lambat jika dibandingkan dengan lele jantan
  • Perut ikan lele betina lebih besar dan lunak
  • Bila bagian perut distripping secara manual dari bagian perut ke arah ekor, maka akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan yang disebut sebagai sel telur atau ovarium.

ikan lele
Gambar ikan lele jantan dan betina

Itulah perbedaan ciri-ciri ikan lele jantan dan betina yang bisa menjadi referensi anda untuk membedakan indukan jantan dan indukan betina. Yang perlu di perhatikan adalah bentuk alat kelaminnya. Untuk ciri-cri yang lain terkadang sulit untuk dibedakan.