Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Ikan Gurame Yang Sedang Stress Dan Cara Tepat Menanganinya

Usaha budidaya gurame juga tak terlepas dari resiko kegagalan yang diakibatkan oleh kematian atau faktor-faktor lainnya. Seperti misalnya ikan gurmae stress dan akhirnya banyak yang mati. Tentu hal ini akan sangat merugikan bagi pembudidaya atau peternak gurame itu sendiri. Sehingga seorang pelaku budidaya ikan gurame wajib mengetahui ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress. Sehingga nantiya apabila ikan gurame yang sedang mengalami stress maka akan dilakukan penanganan yang cepat dan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi.


Ciri-Ciri Ikan Gurame Yang Sedang Stress Dan Cara Tepat Menanganinya


Ikan gurame yang stress sebenarnya dapat dilihat dari bentuk fisik dan juga dari gerakan  atau perilakunya didalam kolam. Sehingga akan sangat mudah bagi kita untuk mengetahui ikan gurame yang stress atau ikan gurame yang sehat di dalam kolam.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress. Dan sebaiknya apabila ikan gurame yag sedang anda budidayakan mengalami stress. Segera lakukan tindakan agar tidak membuat ikan gurame lainnya yang ada di dalam kolam juga ikut mengalami stress.


Ciri-Ciri Ikan Gurame Yang Sedang Stress Dan Juga Cara Tepat Mengobatinya


1. Sering Mucul Ke Permukaan Air Kolam

Ikan gurame yang memiliki ciri-ciri seperti ini biasanya ikan gurame stress karena kekurangan kandungan oksigen terlarut didalam air kolam. Sehingga ikan gurame akan sering mucul ke permukaan air untuk mengambil oksigen yang ada di udara.

Biasanya ikan gurame yang stress muncul ke permukaan airnya akan lebih lama dibandingkan dengan ikan gurame yang tidak mengalami stress. Dan ikan gurmae yang tidak mengalami stress tentu saja munculnya akan berpindah-pindah atau tidak statis pada tempat yang itu-itu saja. Tidak seperti ikan gurame stress yang munculnya pada permukaan tertentu saja dan cenderung tidak bepindah.

Cara mengatasi ikan gurame yang sedang mengalami stress seperti ini yaitu dengan cara mengganti air kolam dengan air yang baru. Cek juga padat tebar kolam, jangan sampai melebihi kapasitas sehingga ikan gurame menjadi tidak mudah stress. Selain itu, kita juga dapat menambahkan aerator agar kandunganb oksigen terlarut didalam air kolam menjadi lebih melimpah.


2. Menggosokan Tubuh Dipinggir Kolam

Ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress selanjutnya yaitu sering menggosokan tubuhnya pada pinggir kolam. Ikan gurame yang seperti ini biasanya stress karena terjangkit penyakit parasit. Parasit tersebut menempel pada permukaan tubuhnya. Seperti parasit jamur sisik yang sering diderita oleh banyak ikan air tawar.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya ikan gurame dilakukan proses karantina terkebih dahulu. Karantina yang dilakukan bisa dicampurkan dengan larutan garam dengan konsentrasi tingkat tingggi selama 3 menit.


3. Nafsu Makan Berkurang

Ikan gurame yag sedang stress selanjutnya memiliki ciri-ciri tidak nafsu makan. Biasanya hal ini ditandai dengan banyaknya sisa pakan yang menumpuk pada permukaan kolam . bahkan ikan gurame yang sedang mengalami stress dan tidak nafsu makan tidak akan mau memakan pakan pellet atau sejensinya meskipun pakan tersebut didekatkan padanya.

Untuk  mengatasi ikan gurame yang tidak nafsu makan atau ikan gurmae yang sedang stress seperti ini dapat dilakukan dengan menambahkan obat Sulfamerazin. Penggunaan obat ini dapat diberikan dengan cara mencampurkan obat dengan pakan terlebih dahulu sebelum pakan tersebut diberikan pada ikan gurame. Dosisi yang digunakan adalah 2 gram Sulfamerazin dalam 10 kilogram pakan.


4. Sirip Ikan Menguncup

Salah satu ciri-ciri ikan gurame yang sedang mengalami stress berikutnya yaitu dapat dilihat dari kondisi siripnya. Sirip ikan gurame yang stress biasanya akan menguncup. Tidak seperti sirip ikan gurame biasanya yang berdiri tegak.

Untuk mengobati ikan gurame yang sedang mengalami hal serupa bisa dilakukan dengan cara penyutikan meggunakan Teramisin. Dosisi yang dianjurkan yaitu sebanyak 25 mg untuk ikan yang memilki bobot 1 kilogram. Sedangkat cara penggunaannya Teramisin dilarutkan dalam 1 ml aquades sebelum disuntikkan pada ikan gurame yang sedang megalami stress.

5. Berdiam Diri Di Pinggir Kolam

Ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress selanjutnya yaitu ikan gurame sangat pasif. Bahkan ikan tidak bergerak sedikit pun meskipun di senggol menggunakan kayu. Hal ini disebabkan ikan  gurame yang sedang stress cenderung mencari tempat yang memiliki kandungan oksigen terlarut cukup banyak. Biasanya berada pada pingggir kolam yang airnya relatif lebih jernih.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menambahkan aerator agar kandungan oksigen terlarut dalam kolam menjadi lebih banyak. Sehingga ikan gurame tidak berada di pinggir kolam untuk mencari oksigen lagi.

Itulah  ciri-ciri lengkap ikan gurame yang sedang mengalami stress dan cara tepat megatasinya. Silahkan terapkan pada kolam budidaya ikan gurame anda. Sehingga resiko ikan gurame stress dan mati bisa ditekan menjadi lebih sedikit.