Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's Dengan SPSS

Cara uji reliabilitas alpha cronbach's dengan spss tentu sangat dibutuhkan ketika kita akan menyusun skripsi. Karena nantinya uji reliabilitas alpha cronbach's ini memang menjadi salah satu langkah wajib untuk mengambil kesimpulan pada suatu penelitian.

Uji reliabilitas alpha cronbach's dengan spss sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan kita memahami dengan seksama tentu akan lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan cara uji reliabilitas alpha cronbach's dengan spss. Untuk mengetahui cara lengkapnya, yuk simak informasinya!

Cara Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's Dengan SPSS


Cara Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's Dengan SPSS


Uji reliabilitas sendiri adalah suatu pengujian yang menunjukkan apakah suatu instrumen yang digunakan untuk memperoleh informasi dapat dipercaya untuk mengungkap informasi dilapangan sebagai alat pengumpulan data.

Sederhananya adalah uji reliabilitas ini berfungsi untuk menguji kuisioner kita apakah reliabel dengan kondisi di lapangan. Kuisioner tersebut dapat dipastikan reliabel apabila jawaban responden terhadap pernyataan yang ada di kuisioner dapat konsisten dari waktu ke waktu.

Untuk mengujinya kita bisa menggunakan aplikasi pengolah data spss. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama untuk melakukan uji reliabilitas dengan spss yaitu menyiapkan datanya terlebih dahulu.  Data ini bisa kalian simpan dalam format doc atau excel. Pada informasi ini akan kami berikan contoh dengan jumlah responde sebanyak 20 orang. Untuk lebih jelasnya silahkan silat pada tabel


Gambar tabel data responden


  • Setelah itu, kita bisa membuka program spss yang telah di install pada perangkat atau laptop. Setelah program spss terbuka, silahkan klik variable view yang terletak pada bagian pojok kiri bawah program spss.
  • Selanjutnya, pada bagian name silahkan ketik item_1 sampai item_7 kebawah. (item_1 sampai item_7 ini adalah jumlah soal dalam kuisioner kita).
  • Setelah bagian name selesai, selanjutnya lanjutkan ke bagian decimals. Pada bagian decimals ubah semua angka menjadi angka nol (0).
  • Setelah itu, lihat pada bagian measure. Ubah semua menjadi scale. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini. 


Gambar 1 cara uji reliabilitas dengan spss


  • Jika semua langkah diatas selesai anda lakukan. Untuk melanjutkan uji reliabilitas dengan spss silahkan klik data view yang berada dibagian pojok bawah program spss.
  • Setelah kita klik data view maka akan muncul tabel yang bertuliskan item_1 sampai item_7
  • Silahkan isi tabel tersebut dengan data yang kita peroleh dari kuisioner dengan cara mengcopy dari tabel excel atau dokumen. Silahkan lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.


Gambar 3 cara uji reliabilitas dengan spss


  • Setelah data sudah di copy, seperti pada gambar diatas selanjutnya klik menu analyze > scale > reliability analysis


Gambar 4 cara uji reliabilitas dengan spss


  • Setelah selesai melewati tahap diatas, pada program spss akan muncul kotak dialog reability analysis
  • Pada kotak dialog akan ada 2 kolom, silahkan masukan semua variabel (item_1 sampai item_7) ke dalam kolom yang bertuliskan items.
  • Perhatikan pada tulisan model, pastikan kita memilih mode alpha.
  • Lalu klik Statistics yang ada pada pojok kanan atas kotag dialog. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.


Gambar 5 cara uji reliabilitas dengan spss



  • Setelah melewati tahap diatas, langkah selanjutnya adalah mengatur item yang ada di kotak dialog reabilty analysis: statistics
  • Silahkan lihat pada kolom descriptives for, pada kolom ini silahkan centang atau pilih scale of item deleted.
  • Setelah itu klik continue. Lebih jelasnya lihat pada gambar.


Gambar 6 cara uji reliabilitas dengan spss


  • Terakhir adalah klik ok. Lalu akan muncul hasil analisis uji reliabilitas dari data yang sedang kita uji. Untuk cara membaca hasilnya silahkan klik


Baca Juga : Cara Membaca Output Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's SPSS



Itulah cara uji reliabilitas dengan spss yang bisa kami berikan. Cara mrmbaca hasil uji reliabilitas dengan spss sengaja kita berikan pada laman selanjutnya agar lebih memudahkan pembaca.