Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Ayam Potong 100 Ekor

Ternak ayam potong 100 ekor lumayan besar jika dilakukan dalam skala rumahan. Cara ternak ayam potong 100 ekor ini juga lebih ringkas jika dibandingkan dengan ternak ayam potong skala bisnis. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin mencoba usaha ternak ayam potong skala rumahan.

Untuk mengetahui bagaimana cara ternak ayam potong 100 ekor, bisa anda baca dalam informasi berikut ini!

Cara Ternak Ayam Potong 100 Ekor

Cara Ternak Ayam Potong 100 Ekor

Ternak ayam potong merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek sangat baik. Ayam potong sendiri memiliki pangsa pasar yang luas dan menjanjikan. Mengingat banyak sekali olahan yang menggunakan ayam potong sebagai bahan utamanya.

Untuk langkah-langkah atau cara ternak ayam potong bisa dilihat pada uraian lengkap berikut ini :


1. Persiapan kandang

Langkah pertama untuk cara ternak ayam potong 100 ekor tentu saja adalah persiapan kandang. Persiapan kandang ternak ayam potong 100 ekor sama seperti ternak ayam potong biasanya. Hanya saja ukuran kandang akan lebih kecil sesuai dengan kebutuhan.

Untuk posisi kandang ayam potong sebaiknya membujur dari timur ke barat. Fungsinya yaitu untuk mendapatkan sinar matahari yang merata dan menyesuaikan suhu kandang agar ideal. Sementara suhu ideal untuk kandang ayam potong itu sendiri antara 25 - 27 derajat Celcius.

Lokasi kandang idealnya terletak jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga terhindar dari kebisingan. Namun pastikan kandang memiliki akses yang mudah untuk dijangkau. Selain itu juga memiliki sumber air yang baik serta memiliki ventilasi yang baik. Sehingga sirkulasi udara terjamin.

Memang biaya pembuatan kandang ternak ayam potong ini membutuhkan biaya yang besar. Inilah yang sering menjadi kendala dalam usaha ternak ayam potong.



2. Pemeliharaan

Pemeliharaan ini meliputi banyak hal. Tata laksana hingga manajemen pakan. Jika proses ini dilakukan dengan baik tentu saja hasil yang akan anda dapatkan lebih maksimal.
Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian singkat berikut ini :
  • Kepadatan kandang. Kepadatan kandang ternak ayam petelur idealnya 8 - 10 ekor per meter persegi. Kepadatan ini tidak boleh lebih dari satuan ideal. Agar ayam potong anda tidak mudah stress dan akhirnya mati. Jika terlalu sedikit, biasanya akan mudah terjadi penurunan suhu. Terutama pada saat musim penghujan tiba. Apabila terlalu padat tentu saja akan meningkatkan suhu pada saat siang hari yang bisa membuat ayam potong menjadi stress.
  • Pakan.  Pakan merupakan faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan usaha ternak ayam potong. Selain itu, pakan menjadi kebutuhan terbesar dalam usaha ini. Lebih dari 70% biaya yang dikeluarkan adalah untuk pengadaan pakan.  Sebaiknya gunakan pakan yang berkualitas agar Average Daily Gain tinggi. Dan biasanya teknik pemberian pakan yang digunakan adalah teknik ad libtium (selalu tersedia/tidak dibatasi)
  • Jenis pakan. Jenis pakan pada ternak ayam potong ada 2 tahap. Yakni tahap pembesaran dan tahap penggemukan. Tahap pembesaran memiliki kandungan protein minimal sebesar 23%. Yang diberikan pada umur 1 - 20 hari. Sedangkan untuk tahap penggemukan memiliki kandungan protein sebesar 20%  yang diberikan pada umur diatas 20 hari. 
  • Vitamin. Vitamin yang bisa anda tambahkan yaitu POC NASA lewat air minum. Dosis yang ideal untuk ternak ayam potomg yaitu sebesar 1 - 2 cc/liter air minum. Tambahkan vitamin ini untuk membantu pertumbuhan dan penggemukan ayam.


Baca Juga : Analisa Modal Usaha Ternak Ayam Kampung Per 100 Ekor


3. Panen

Dalam usaha ternak ayam potong 100 ekor, waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah waktu panen. Panen ayam potong biasanya dilakukan pada saat ayam potong berumur 35 - 40 hari. Biasanya bobot ideal ayam potong permintaan pasar yaitu 2 kilogram per ekor.

Sebagai catatan, jika anda membeli DOC ayam potong dari PT Charoend Phokpan tidak perlu melakukan vaksinasi. Karena DOC dari perusahaan ini sudah di vaksin sebanyak 5 vaksin.

Itulah cara ternak ayam potong 100 ekor yang bisa kita berikan informasinya. Semoga dapat membantu anda yang akan memulai ternak ayam potong.