Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penjodohan Poligami Murai Batu Yang Efektif

JSMALFAMART.COMCara Penjodohan Poligami  Murai Batu Yang Efektif -
Ternak murai batu poligami memang menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan burung murai batu dengan kualitas yang baik dalam jumlah banyak. Tetapi ada kendala yakni pada proses penjodohan poligami murai batu itu sendiri. Banyak sekali peternak murai batu yang gagal dalam melakukan ternak murai batu poligami. Sebagian besar kegagalan tersebut disebabkan oleh tidak atau belum pahamnya para peternak tentang cara penjodohan poligami murai batu. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara penjodohan poligami murai batu.
Berikut ini informasi lengkapnya!


Cara Penjodohan Poligami  Murai Batu Yang Efektif


Cara Penjodohan Poligami Murai Batu

Cara penjodohan poligami murai batu merupakan langkah yang sangat sulit. Hal ini disebabkan oleh sifat alami burung murai batu itu sendiri sebagai petarung. Sehingga banyak para peternak yang gagal dalam proses penjodohan poligami murai batu ini.
Untuk mengatasinya, biasanya para peternak yang melakuakn penjodohan poligami murai batu menggunakan beberapa kandang agar murai batu tidak saling menyerang. Untuk informasi lengkapnya simak uraian lengkap berikut ini!

Memperkenalkan Burung Jantan Pada Burung Betina Sekaligus Perjodohan Pada Ternak Murai batu Poligami

Tahap pertama pada penjodohan murai batu poligami adalah memperkenalkan burung jantan atau indukan jantan murai batu pada indukan betina. Pengenalan ini tidak seperti pengenalan yang biasanya. Karen a nantinya indukan murai batu jantan di kenalkan pada beberapa indukan betina. Yang membuat sulit tentu saja karena sifat asli mereka bukanlah poligami. Sehingga perlu perhatian ekstra.

Sebelum mengenalkan indukan jantan kepada indukan betina ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yaitu :
  • Indukan jantan murai batu yang akan digunakan sebagai pejantan tunggal sebelumnya telah berkenalan dengan masing-masing indukan betina
  • Indukan murai batu betina sebelumnya sudah diperkenalkan dengan indukan jantan
  • Indukan murai batu betina adalah indukan yang sudah siap kawin atau dalam kondisi breeding.


Baca Juga : Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Bertelur


Setelah ketiga syarat diatas terpenuhi. Langkah selanjutnya adalah dengan memperkenalkan indukan murai batu jantan kepada masing-masing indukan murai batu betina sekaligus penjodohan antara keduanya. Cara perkenalan bisa dilakukan dengan menempatkan burung murai batu betina atau indukan murai batu betina ke dalam kandang penangkaran masing-masing. Atau bisa juga menggunakan satu kandang, tetapi sangat tidak direkomendasikan. Karena burung murai batu merupakan jenis burung petarung yang akan selalu menjaga daerah teritorialnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkah perkenalan indukan murai batu pada ternak murai batu poligami berikut ini:
  • Perkenalakan indukan jantan ke beberapa indukan betina terlebih dahulu. Jangan langsung sekaligus ke beberapa indukan betina, tetapi secara bertahap. Caranya seperti pada perkenalan biasanya yaitu dengan cara mendekatkan kedua sangkar antara indukan betina dan jantan.
  • Setelah itu siapkan beberapa kandang yang akan digunakan untuk perkawinan atau berkembang biak sesuai dengan jumlah indukan betina. Satu indukan betina satu kandang.
  • Masukan indukan betina ke kandang perkawinan masing-masing
  • Setelah itu, masukan indukan murai batu jantan ke dalam salah satu kandang perkawinan yang sudah berisi indukan murai batu betina. (indukan murai batu betina yang sudah diperkenalkan sebelumnya)
  • Setelah anda masukan, lakukan pemantauan terus menerus.
  • Berikan waktu selama satu minggu, jika kedua indukan terlihat akur lanjutkan. Tetapi jika tidak terlihat akur atau saling menyerang. Segera ambil indukan jantan dan masukan ke kandang yang lain. Sementara itu, indukan betina yang gagal dijodohkan sebaiknya dilakukan perawatan kembali dengan cara memberinya ekstra pakan tambahan atau suplemen penangkaran seperti birdmature.
  • Jika indukan jantan yang telah dipindahkan pada kandang indukan betina yang lain terlihat akur, lakukan pengamatan terus menerus. Berikan kesempatan selama 10-12 hari kedepan agar indukan jantan melakukan perkawainan dengan indukan betina.
  • Setelah perkawinan berhasil, indukan betina akan mengeluarkan telurnya dan mengeraminya. Pada saat ini segera pindahkan indukan jantan ke dalam kandang lain yang berisi indukan betina yang juga telah diperkenalkan sebelumnya. 


Baca Juga : Cara Menjodohkan Kacer Dengan Murai Batu Dalam Satu Perkawinan


Itulah uraian lengkap tentang cara penjodohan murai batu poligami yang bisa anda coba. Yang perlu dicermati adalah umur indukan murai batu itu sendiri. Usahakan indukan murai batu jantan lebih tua dibandingkan dengan indukan betina. Tetapi jika terjadi saling serang bisa dicoba untuk menggunakan indukan murai batu betina yang lebih tua.