Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Pakan Alternatif Ikan Gurame Untuk Menambah Keuntungan

Banyak peternak atau pembudidaya ikan gurame yang memilih membuat pakan alternatif untuk ikan gurame yang tentunya bertujuan untuk menambah keuntungan. Hampir semua peternak dapat membuat pakan alternait ikan gurmae ini dirumah. Karena pakan alternatif untuk ikan gurame relatif lebih mudah. Hal ini disebabakan oleh ikan gurame itu sendiri yang cenderung memakan tumbuhan atau biasa disebut sebagai herbivora.


Cara Mudah Membuat Pakan Alternatif Ikan Gurame Untuk Menambah Keuntungan


Meningkatnya harga pakan merupakan faktor yang paling utama untuk mendorong para pembudidaya ikan gurame membuat pakan alternatif. Karena dengan menggunakan pakan alternatif tentu saja biaya produksi usaha budidaya ikan gurame dapat di tekan menjadi lebih sedikit.

Lalu bagaiaman cara membuat pakan alternatif untuk ikan gurame yang baik dan mudah ?
Berikut ini akan kami berikan informasi lengkapnya untuk anda. Dan semoga dapat membantu mengurangi biaya produksi usaha budidaya ikan gurame terlebih dalam penggunaan pakan pabrikan.



Cara Membuat Pakan Alterntif Ikan Gurame Yang Baik



Bahan Pakan Yang Bisa Digunakan 

Dari tumbuhan :
  • Hijauan (bisa berupa daun singkong, daun keladi, daun pisang, daun lamtoro serta daun pepaya) yang paling disarankan adalah daun singkong.
  • Ampas-ampasan (ampas tahu. Ampas kedelai dan ampas kelapa)


Pakan dari hewani :
  • Cacing
  • Bekicot
  • Belalang
  • Keong
  • Limbah kepala udang
  • Limbah kepala ikan
  • Limbah tepung ikan


Bahan tambahan lain :
  • Bekatul
  • Tepung tapioka sebagai perekat


Setelah kita mengetahui sumber-sumber pakan alternatif ikan gurame diatas, silahkan pilih salah satu jenis pakan alternatif ikan gurame tersebut. Yang terpenting dalam memilih jenis pakan alternatif ikan gurame diatas merupakan jenis pakan yang bahan bakunya mudah dicari dan tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Karena tujuan utamanya adalah untuk menambah keuntungan. Tentu jika biayanya mahal tidak akan memberikan keuntungan yang lebih banyak atau lebih baik.

Setelah memilih jenis pakan alternatif untuk ikan gurame yang dirasa cocok dan mudah didapat. Langkah selanjutnya yaitu proses pembuatan pakan alternatif ikan gurame yang bisa anda simak pada tutorial berikut ini :
  1. Silahkan pilih bahan baku yang mudah untuk didapat. Tentu saja berdasarkan daftar bahan baku yang sudah kami tulis diatas
  2. Setelah itu, siapkan tempat atau wadah untuk mencampur bahan baku untuk membuat pakan alternatif ikan gurmae.
  3. Penggunaan bahan baku dari tumbuan sebaiknya tidak lebih dari 10% dari total jumlah pakan yang akan dibuat.
  4. Setelah memilih jenis bahan baku hijauan atau bahan baku tumbuhan sesuai dengan langkah sebelumnya. Selanjutnya silahkan untuk merebus bahan baku hijauan tersebut selama 1 jam. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan senyawa anti nutrisi yang terkandung dalam pakan hijauan atau pakan tumbuhan.
  5. Setelah itu pilih bahan baku hewani. Sebaiknya komposisi untuk bahan baku hewani ini sebanyak 20% dari total berat pakan alternatif yang akan di buat. Sebaiknya dalam penggunaan bahan baku hewani ini dicincang atau digiling. Bisa juga ditumbuk. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pencampuran pada proses selanjutnya.
  6. Setelah itu, tambahkan dedak halus atau kasar sebanyak 30% dari total pakan yang akan dibuat.
  7. Langkah terkahir yaitu tambahkan tepung tapioka sebanyak 40% dari berat total pakan yang akan dibuat. Fungsi dari tepung tapioka itu sendiri yaitu untuk merekatkan pellet atau pakan alternatif gurame yang kita buat. Tambahkan pula air panas secukupnya agar proses perekatan tepung dapat lebih sempurna.
  8. Jika semua telah selesai, campur semua bahan hingga tercampur rata.
  9. Lalu tambahkan air agar terbentuk seperti pasta yang kental.
  10. Setelah itu masukkan ke dalam mesin penggiling atau mesin pembuat pellet.
  11. Tampung pellet yang keluar dari mesin. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari. Proses penjemuran ini dilakukan hingga kadar air dalam pellet berkurang. Idealnya kandungan air dalam pakan alternatif gurame yaitu sebanyak 10% saja. 

Baca Juga :


Itulah  cara membuat pakan alternatif untuk ikan gurame yang benar. Silahkan diterapkan pada tempat budidaya ikan gurame yang sedang anda tekuni saat ini. Semoga berhasil dan dapat membantu masyarakat yang sedang membudidayakan ikan gurame.