Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Entok Yang Baru Menetas Agar Dapat Hidup Dan Cepat Besar

JSMALFAMART.COMCara Merawat Entok Yang Baru Menetas Agar Dapat Hidup Dan Cepat Besar
Cara merawat entok yang baru menetas memang gampang-gampang susah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa merawat anakan entok ini sangat susah dan sering mati. Hal itu terjadi karena banyak sekali masyarakat bahkan para peternak entok yang tidak mengerti cara merawat entok yang baru menetas atau merawat anakan entok yang baru menetas.

Seperti pada hewan ternak jenis lainnya, dalam merawat entok yang baru menetas tentu saja harus memperhatikan segala aspek. Mulai dari pakan hingga tempat tiggal yang menjadi syarat bagi entok agar tetap hidup dan cepat besar.

Bagaimana cara merawat anak entok yang benar agar tidak mudah mati dan cepat besar ?
Berikut ini langkah-langkahnya kami berikan lengkap untuk anda. Silahkan dipelajari terlebih dahulu agar usaha peternakan entok yang sedang anda kelola menjadi lebih maksimal dalam pengadaan bibitnya.




Cara Merawat Entok Yang Baru Menetas Dengan Benar


 1. Gunakan Kandang Khusus

Cara merawat anak entok atau entok yang baru menetas yang pertama yaitu penggunaan kandang khusus. Sebaiknya dalam menggunakan kandang untuk anakan entok kita mengunakan design kandang yang lebih hangat. Biasanya banyak yang menggunakan kandang dari kardus atau bisa juga menggunakan fiber.

Prinsip utamanya yaitu menyediakan kandang khusus dengan tujuan memberikan suhu hangat dengan minim lubang agar udara dingin tidak masuk kedalam kandang. Tetapi perlu diperhatikan yaitu kandungan oksigen tetap terjaga. Sehingga entok masih dapat bernafas meskipun di dalam kandang yang minim akan lubang.

2. Gunakan Pemanas Kandang

Jika anda khawatir apabila menggunakan kandang yang minim lubang. Anda juga bisa menggunakan kandang seperti biasanya. Hanya saja gunakan pemanas kandang agar suhu didalam kandang tetap terjaga. Sehingga entok tidak merasa kedinginan.

Untuk merawat entok yang baru menetas kita bisa menggunakan lampu sebagai penghangat kandang. Gunakan lampu pijar jangan lampu LED. Pemasangan lampu pun juga harus tepat. Yaitu tepat berada di tengah kandang. Hal ini dimaksudkan agar panas yang dihasilkan merata keseluruh bagian kandang.


3. Pakan Dan Air

Langkah selanjutnya untuk merawat entok yang baru menetas yaitu menyediakan kebutuhan pakan dan juga minum. Pemberian pakan dan minum ini sangat penting untuk dilakukan.  Sebaiknya gunakan pakan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi agar anakan entok  cepat besar.

Pemberian pakan dan minum ini sebaiknya menggunakan wadah khusus yang bisa dibeli di toko peternakan terdekat. Yang terpenting dalam pemberian air minum dilakukan setiap hari. Pemberiannya secukupnya saja, lalu bersihkan setiap pagi atau sore hari dari sisa-sisa pakan yang mungkin masuk kedalam wadah air minum. Biasanya banyak peternak yang menambahkan sedikit gula kedalam air minum. Tujuannya untuk memberikan energi tambahan untuk entok.

4. Vaksinasi

Setelah ketiga langkah diatas anda lakukan. Lakukan langkah ini agar entok tidak mudah terserang penyakit. Vaksinasi sendiri bisa dilakukan dengan cara penyuntikan ataupun melalui air minum. Sebaiknya untuk entok kita menggunakan vaksinasi melalui air minum saja yang lebih simpel.

Itulah cara merawat anak entok yang baru menetas. Yang terpenting dalam merawat entok yang baru menetas yaitu selalu menjaga kebersihan kandang dan juga kehangatan kandang. Karena banyak sekali kasus DOD mati akibat kedinginan. Jangan lupa untuk memperhatikan pakan yang diberikan. Sebaiknya gunakan pakan bermutu agar entok cepat besar dan tidak rentan terserang penyakit seperti pada saat baru menetas.