Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyusun Egg Tray Jangkrik Yang Benar Untuk Hasil Maksimal

Cara menyusun egg tray pada ternak jangkrik banyak sekali. Tergantung situasi dan kondisi yang ada pada kandang jangkrik itu sendiri. Tetapi, penataan egg tray atau cara menyusun egg tray ini berpengaruh pada jangkrik yang ada di kandang. Sehingga tetap saja dalam menyusun eggtray untuk ternak jangkrik tidak boleh sembarangan. Untuk itu, berikut ini informasi cara menyusun egg tray ternak jangkrik yang benar.


Baca Juga : Cara Ternak Kacer Poligami Yang Lebih Menguntungkan



eggtray jangkrik

 

Cara  Menyusun Egg Tray Ternak Jangkrik

Eggtray merupakan tempat persembunyian jangkrik yang ada pada kandang. Eggtray banyak digunakan untuk media pembesaran ternak jangkrik. Tujuannya yaitu untuk menciptakan tempat sesuai dengan habitat alami jangkrik.
Untuk penyusunan eggtray sendiri bisa horizontal maupun vertikal. Tetapi banyak para peternak jangkrik yang mengatakan menyusun eggtray horizontal lebih memaksimalkan hasil panen ternak jangkrik.
Berikut ini langkah-langkah menyusun eggtray ternak jangkrik secara horizontal :
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menaburkan Voor terlebih dahulu ke dalam box atau kandang secara merata sebelum dipasang eggtray
  • Setelah itu, potong keempat sisi eggtary. Yaitu pada keempat sudutnya. Tujuannya agar tidak bersentuhan dengan eggtray yang lain.
  • Setelah itu taburkan Voor pada setiap permukaan egg tray yang baru disusun. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan anakan jangkrik yang baru menetas untuk makan
  • Pada awal penetasan, atau jangkrik masih kecil (anakan) sebaiknya hanya diberi 4 tumpuk egg tray
  • Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan hijaun pada egg tray. Hijauan jangan sampai masuk kedalam atau keselah-selah egg tray agar nantinya mudah untuk dibersihkan
  • Jika jangkrik sudah cukup besar, biasanya berumur 10 hari. Tambahkan tumpukan eggtray menjadi 6 tingkat.


Baca Juga : Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Tingkat Keberhasailan Tinggi


Itulah cara menyusun eggtray untuk ternak jangkrik yang benar. Yang terpenting dalam penyusunan eggtray ini adalah pengontrolan yang harus dilakukan setiap hari. Jika dirasa kondisi tempat persembunyian sudah tidak cukup bisa ditambahkan eggtray lagi. Tidak perlu menunggu sampai umur 10 hari.