Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menumbuhkan Jambul Ikan Mas Koki Dengan Mudah

JSMALFAMART.COMCara Menumbuhkan Jambul Ikan Mas Koki Dengan Mudah
Banyak yang mencari cara menumbuhkan jambul ikan mas koki. Memang menumbuhkan jambul ikan mas koki ini akan membuat ikan mas koki menjadi lebih cantik. Selain itu, ikan mas koki yang memiliki jambul tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri . sehingga akan memberikan dampak yang menguntungkan. Yaitu harga jualnya yang menjadi lebih mahal.

Jambul pada ikan koki itu sendiri terdiri dari tonjolan-tojolan daging yang berisi cairan yang biasa disebut “wen”. Biasanya wen ini akan muncul pada ikan mas koki oranda pada saat ikan berumur 3-4 bulanan. Maka dari itu, sebenarnya cara menumbuhkan jambul ikan mas koki ini sangat mudah. Karena pada dasarnya jambul ikan mas koki ini akan muncul dengan sendirinya sesuai dengan umur ikan mas koki itu sendiri .


Cara Menumbuhkan Jambul Ikan Mas Koki Dengan Mudah


Sebelum kita berniat mencari cara menumbuhkan jambul ikan mas koki sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu jenis ikan mas koki yang biasanya memiliki jambul yang indah. Beberapa jenis ikan mas koki itu sendiri diantaranya ikan mas koki jenis oranda, black moor dan lion head. Sebenarnya ada beberpa jenis ikan mas koki yang juga memiliki jambul yang tidak kalah menarik dan cantik. Tetapi ketiga jenis ikan mas koki inilah yang memiliki jambul sangat indah dan bayak diinginkan oleh para penggemar ikan mas koki.

Beberapa  cara menumbuhkan jambul ikan mas koki diantaranya sebagai berikut. Silahkan simak informasi lengkapnya agar mengetahui cara menumbuhkan jambul ikan mas koki yang benar.

1. Pakan

Dari segi pakan juga sangat berpengaruh untuk membantu menumbuhkan jambul ikan mas koki. Pakan ini berpengaruh karena ikan mas koki yang diberikan pakan cukup dan ideal tentu akan mengalami pertumbuhan yang maksimal bukan ?
Dan ikan mas koki yang tumbuh dengan maksimal tentu saja akan memiliki peluang lebih besar untuk menumbuhkan jambulnya. Sehingga sangat kami sarankan anda menggunakan jenis pakan yang ideal agar jambul ikan mas koki cepat tumbuh dengan sempurna.

Dilihat dari segi pakan, beberapa syarat pakan dibawah ini dapat anda gunakan untuk mempercepat pertumbuhan jambul ikan mas koki. Diantaranya sebagai berikut :
  • Butuh lemak yang tinggi (bloodworm beku dan cacing sutra adalah 2 jenis pakan yang sangat dianjurkan dan direkomendasikan)
  • Berikan secara terutin pakan dengan kandungan protein dan kalsium yang tinggi
  • Bisa gunakan juga pakan alami yaitu berupa uget-uget atau biasa disebut sebagai jentik nyamuk.
  • Bisa juga ditambahkan dengan pellet atau pakan pabrikan khusus ikan louhan.

Baca Juga : Pelet Ikan Mas Koki Oranda Untuk Mempercepat Pertumbuhan


2. Gen Ikan

Selain dari segi pakan, ternyata cara menumbuhkan jambul ikan mas koki ini juga dipengaruhi oleh faktor gen. Jika gen yang dimiliki atau dibawa oleh indukannya menunjang untuk mempunyai jambul tinggi. Tentu saja dengan pakan yang ideal dan maksimal tentu ikan mas koki tersebut kan memilki jambul panjang seperti pada induknya.

Jambul ikan mas koki memang memiliki pertumbuhan yang sangat pelan, dan pertumbuhan jambul ini tidak bisa dipaksakan. Mungkn hanya bisa dengan pemberian pakan protein yang cukup .

Itulah cara menumbuhkan jambul ikan mas koki yang mudah. Yang terpenting adalah gen dari indukan. Dan jangan lupa juga bahwa makanan sangat berpengruh dalam pembentukan jambul ikan mas koki tersebut.