Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mensterilkan Kandang Entok Sebelum Digunakan Untuk Usaha Ternak Entok

JSMALFAMART.COM - Cara Mensterilkan Kandang Entok Sebelum Digunakan Untuk Usaha Ternak Entok
Jika kita akan memulai usaha ternak entok secara intensif tentu saja harus memperhatikan segala aspek. Terutama yaitu kandang. Sebelum dilakukan proses pemeliharaan, kandang entok perlu disterilisasi terlebih dahulu. Cara mensterilkan kandang entok pun tidak boleh asal. Karena langkah ini sangat krusial.

Cara mensterilkankandang entok yang benar tentu saja akan membantu menghindarkan entok dari ancaman penyakit seperti flu burung dan jenis penyakit lainnya. sehingga sangat perlu dilakukan agar usaha ternak entok yang sedang kita kelola dapat memberikan hasil yang maksimal.
Untuk cara mensterilkan kandang entok sebelum digunakan untuk usaha pembesaran entok bisa anda lihat pada informasi berikut ini :


mensterilkan kandang entok

Cara Mensterilkan Kandang Entok Sebelum Digunakan Untuk Pembesaran Entok



1. Pembersihan

Langkah pertama untuk mensterilkan kandang entok sebelum digunakan yaitu dilakukan proses pembersihan. Proses pembersihan ini meliputi seluruh bagian atau peralatan yang ada pada kandang entok tersebut. Mulai dari tempat makan dan tempat minum hingga pada lantai kandang entok itu sendiri. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih semua peralatan yang ada didalam kandang. Sementara untuk lantai kandang bisa menggunakan sapu lidi, sikat ijuk atau sikat kawat untuk membersihkan. Tergantung jenis lantai yang digunakan dalam kandang entok tersebut.

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh kotoran yang ada pada kandang entok. Hal ini dilakukan karena kotoran pada kandang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kotoran merupakan salah satu media hidup mikroba (virus, bakteri, jamur dll) dan juga serangga yang tidak baik untuk kesehatan entok.

2. Pencucian

Pencucian ini sama dengan penyemprotan. Fungsinya yaitu untuk menghilangkan segala bentuk kotoran secara intensif. Pencucian ini hendaknya menggunakan deterjen dengan konsentrasi sesuai ukuran kandang dan juga jumlah kotoran yang ada pada kandang. Fungsi deterjen sendiri yaitu sebagai antiseptik ringan.

Proses pencucian kandang ini sebaiknya menggunakan alat semprot (sprayer) dengan tekanan cukup tinggi. Tekanan yang dianjurkan yaitu 30-40 bar agar kandang benar-benar bersih. Untuk langkah-langkah cara penyemprotan kandang atau pencucian kandang sebagai berikut :
  • Penyemprotan atau pencucian dilakukan dari bawah kandang terlebih dahulu. Lalu terus dilakukan sampai pada bagian atas kandang.
  • Setelah itu, lakukan penyemprotan lagi dari luar kandang yang mengarah ke dalam bagian kandang.
  • Setelah selesai penyemprotan dari luar, selanjutnya dilakukan penyemprotan dari dalam yang mengarah keluar.
  • Setelah itu mencuci lantai, apabila bukan menggunakan lantai tanah. Apabila menggunakan lantai tanah sebaiknya tambahkan kembali tanah baru atau biasanya menggunakan sekam padi baru agar lebih bersih.
  • Sebelum menggantinya dengan yang baru, buang sekam padi lama agar bibit penyakit tidak berkembang didalam kandang.


Baca Juga : Harga Konsentrat Starter Entok Saat Ini Untuk Entok Petelur Dan Entok Pedaging



Setelah proses diatas selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah proses sterilisasi intensif menggunakan larutan kimia. Hal ini dilakukan untuk membasmi seluruh mikroba yang ada pada kandang entok. Cara mensterilkan kandang entok secara intensif sebenarnya sangat mudah. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Gunakan semprotan khusus yang hanya digunakan untuk proses sterilisasi intensif saja
  • Gunakan larutan fromalin dengan kadar 0,5% (formalin 40% 1 bagian + air 79 bagin)
  • Setelah peralatan dan bahan siap, lakukan penyemprotan secara merata pada seluruh bagian kandang entok.
  • Setelah itu biarkan selama seharian.
  • Pada keesokan harinya, lakukan penyemprotan kembali menggunakan desinfektan Gavprotec. Desinfektan ini berfungsi untuk membunuh bakteri patogen yang ada pada kandang entok
  • Biarkan kandnag selama seharian.
  • Pada hari ketiga, lakukan sterilisasi kandang entok yang bertujuan untuk membasmi serangga.
  • Caranya yaitu menggunakan insektisida golongan Karbamat dan Permetri. Gunakan dosis sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan.
  • Setelah penyemprotan terakhir selesai, langkah sekanjutnya dalam proses sterilisasi kandang entok yaitu dengan mengkosongkan kandang selama 2 minggu.
  • Tidak bolah kurang dari 2 minggu, karena jika kurang dari waktu yang telah ditentukan dan kandang langsung di isi kembali dengan bibit entok. Mikroba dan bibit penyakit dapat kembali lagi ke kandang.


Baca Juga : Dosis Formalin Untuk Semprot Kandang Ternak Yang Benar Sekaligus Tahapan Pemberiannya 



Itulah cara mensterilkan kandang entok sebelum digunakan kembali dalam proses usaha ternak entok. Yang terpenting dalam melakukan proses diatas petugas pembersih kandang hendaknya menggunakan perlengkapan yang safety. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung terhadap obat-obatan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Selain itu, setelah melakukan proses tersebut sebaiknya petugas pembersih kandang meminum susu yang memiliki kandungan protein tinggi selama 3 hari berturut-turut.