Cara Mengobati Penyakit SHS Pada Ayam Sesuai Prosedur

13 views

Cara mengobati penyakit SHS pada ayam sering kali menjadi masalah tersendiri bagi para peternak ayam. Pasalnya masih banyak peternak yang belum mengetahui cara mengobati penyakit SHS pada ayam. Sehinga banyak yang melakukan pengobatan secara asal yang akhirnya justru membuat ayam tersebut tidak kunjung sembuh.

penyakit shs pada ayam

Sebelum masuk ke dalam informasi mengenai cara mengobati penyakit SHS pada ayam, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu apa penyakit SHS pada ayam. Penyakit SHS pada ayam itu sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus  Pneumovirus yang bisa ditularkan lewat kontak ayam yang sakit atau terjangkit virus tersebut. Biasanya penyakit ini ditularkan lewat lendir atau air liur yang dikeluarkan saat ayam sedang sakit. Kondisi ini akan diperparah oleh infeksi dari bakteri E-Coli atau bakteri lainnya.
Untuk cara mengobati penyakit SHS pada ayam bisa anda lihat pada langkah-langkah dibawah ini. Cara mengobati penyakit SHS pada ayam yang kami berikan ini bisa diterapkan pada semua jenis ayam. Baik ayam bangkok maupun ayam ternak jenis lainnya.

Cara Mengobati Penyakit SHS Pada Ayam

  • Pisahkan terlebih dahulu ayam yang terserang penyakit SHS atau dikarantina.
  • Setelah itu, semprot kandang ayam dengan Bayclin yang dicampur dengan air. Perbandingannya yaitu 1 : 9
  • Lakukan penyemprotan pada siang hari agar ayam yang ada dalam kandang lebih cepat kering
  • Lakukan penyemprotan selama 3 hari berturut-turut.
  • Untuk menghilangkan virus Pneumovirus yang tidak mati dengan Bayclin, silahkan semprot menggunakan Sodium Hipoklorit dengan dosis sesuai anjuran di kemasan.
  • Setelah itu, semua ayam baik yang ayam yang sakit maupun yang sehat diberikan minum Vitachick di pagi hari
  • Bisa juga ditambahkan obat yang mengandung Enrofloxacin (neomedrtil, baytril atau yang lainnya terserah anda) selama 4 – 5 hari berturut-turut.

Baca Juga : Penyakit DOC Ayam Yang Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

Itulah cara mengobati penyakit SHS pada ayam yang sesuai dengan prosedur. Setelah melakukan pengobatan seperti diatas, jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat makan dan tempat minum ayam menggunakan sabun cuci piring. Anda bisa menggunakan sunlight atau merek lainnya.  Agar tidak terjadi penyakit SHS kembali pada kandang ayam anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *