Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Ayam Yang Kepalanya Bengkak Dengan Benar

Apa obat penyakit ayam yang kepalanya bengkak ?
Mungkin teman-teman banyak yang mencari tahu soal ini. Memang obat penyakit ayam yang kepalanya bengkak cukup membingungkan. Dan apabila dibiarkan terus-menerus tentu saja yang ditakutkan dapat menyebabkan kematian pada ayam itu sendiri. Terlebih pada ayam jago yang memang di gunakan untuk ayam aduan. Tentu saja mencari tahu obat ayam kepala bengkak sangat penting.

Sebelum mencari tahu apa obat penyakit ayam yang kepalanya bengkak, terlebih dahulu anda harus tahu penyebab bengkak pada kepala ayam yang kita pelihara. Banyak masyarakat awam yang mengatakan bahwa kepala ayam yang bengkak dikarenakan semburan ular kobra. Ternyata anggapan tersebut sangatlah salah. Kepala ayam bengkak adalah salah satu dampak dari ayam yang menderita penyakit snot (pilek unggas). Tetapi bukan flu burung, melainkan penyakit ini disebabkan oleh infection coryza atau salesma ayam. Yang disebabkan oleh bakteri Hemaphilus Gallinarum.


obat ayam kepala bengkak


Biasanya ayam yang sudah terserang penyakit ini akan terlihat lesu dan banyak diam. Jika sudah seperti itu biasanya ayam akan malas untuk makan atau nafsu makan berkurang sangat drastis. Selain itu akan terlihat cairan keluar dari hidung dan terjadinya pembengkakan di bagian kepala. Jika sudah dalam tahap pembengkakan pada bagian kepala maka sudah dipastikan ayam anda sudah dalam kondisi yang sangat parah.

Ayam yang terserang penyakit ini biasanya akan mengorok pada saat bernafas. Ayam juga akan terlihat sering membenturkan paruhnya untuk mengeluarkan ingus yang ada pada hidungnya. Dan yang lebih mengkhawatirkan adalah penyakit jenis ini dapat menular dengan sangat cepat. Sehingga harus dilakukan pengobatan dengan cepat pula.  Biasanya penyakit snot atau kepala bengkak ayam sering menyerang ayam yang berusia dibawah 3 bulan. Sementara tingkat kematiannya mencapai 50%.

Cara Mengobati Penyakit Ayam Kepala Bengakak Atau Snot

Untuk mengobati penyakit ayam yang kepalanya bengkak anda dapat menggunakan sulfamix, sulfatiosol dan streptomisin. Gunakan obat terseebut untuk mengatasi penyakit pada ayam kepala bengkak. Lakukan sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan obat tersebut.