Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Murai Batu Betina Galak Pada Saat Penjodohan

JSMALAMART.COMCara Mengatasi Murai Batu Betina Galak Pada Saat Penjodohan-
Murai batu betina galak pada saat penjodohan bukan hal asing bagi para peternak murai batu. Pasalnya setiap penjodohan hampir semua peternak menemui murai batu betina yang galak. Tentu cara mengatasi murai betina yang galak ini sangat diperlukan agar proses penjodohan dapat berjalan lancar.

Terlebih jika kita melakukan perkawinan murai batu sistem poligami. Maka sudah dipastikan akan menemui murai betina yang galak. Dan biasanya tidak semua murai batu betina dapat dijodohkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan simak informasi cara mengatasi murai batu betina yang galak pada saat penjodohan berikut ini!


Cara Mengatasi Murai Batu Betina Galak Pada Saat Penjodohan


Cara Mengatasi Murai Batu Betina Galak Pada Saat Penjodohan

Seperti burung kicau lainnya. Burung murai batu merupakan jenis burung kicau petarung. Sehingga mereka sering saling menyerang untuk menjaga daerah teritorialnya. Maka tak pelak kejadian murai betina galak pada saat penjodohan harus dihadapi oleh para peternak murai batu. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Yuk simak informasi lengkapnya!
  • Murai betina yang galak pada saat proses penjodohan dikarenakan memiliki birahi yang sangat agresif. Untuk mengontrolnya silahkan lakukan pengaturan extra fooding (ef)
  • Jika jantan yang terlalu agresif pada saat penjodohan, maka lakukan penambahan porsi atau menaikan porsi EF pada burung betina murai batu.
  • Jika kedua hal tersebut telah kita lakukan tetapi tetap saja burung masih agresif (biasanya indukan jantan) silahkan ganti indukan betina yang lebih tua. Biasanya jika terjadi hal ini indukan betina belum siap kawin sedangkan indukan jantan sudah dalam kondisi siap kawin.

Baca Juga : Cara Penjodohan Poligami Murai Batu Yang Efektif



Jika langkah diatas gagal, maka sudah dapat dipastikan penyebab murai betina galak bukan karena faktor umur atau kesiapan dalam proses perkawinan. Tetapi lebih ke gangguan hormonal yang dialami oleh burung atau indukan tersebut. Jika terjadi gangguan hormonal atau sifat genetik seperti ini, yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan terapi estrobird untuk bindukan betina. Serta berikan testrobird untuk indukan jantan. Berikan sesuai dosis yang ada dalam kemasan.

Itulah cara mengatasi masalah murai betina yang galak pada saat proses penjodohan. Yang perlu diperhatikan dalam proses penjodohan yaitu kedua indukan sudah memasuki umur ideal. Pada indukan jantan umur idealnya yakni 1,5 tahun dan pada betina umur 1 tahun.