Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bulu Kucing Tumbuh Bercabang Dengan Benar

Beberapa dari penghobi kucing selalu memiliki masalah dengan bulu kucing kesayangannya. Salah satu yang sering menjadi masalah adalah bulu kucing tumbuh bercabang. Tentu bulu kucing yang tumbuh bercabang ini akan membuat bulu kucing kesayangan kita menjadi tidak enak dipandang bukan ?
Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara mengatasi bulu kucing yang tumbuh bercabang dengan benar.


Cara Mengatasi Bulu Kucing Tumbuh Bercabang Dengan Benar


Sebenarnya untuk mengatasi bulu kucing tumbuh bercabang ini terletak pada proses perawatan yang kita lakukan pasca kerontokan. Yaitu waktu bulu kucing mengalami kerontokan. Jika setelah melalui fase ini kita tidak merawatnya dengan benar. Maka kemungkinan besar bulu kuicng akan tumbuh bercabang dan tidak secantik sebelumnya.

Lalu bagaimana cara merawat bulu kucing agar nantinya bulu kucing tidak tumbuh bercabang ?
Berikut ini informasi lengkap yang mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi bulu kucing yang tumbuh bercabang.


1. Buat Kucing Kita Senyaman Mungkin

Langkah pertama yang harus diperhatikan agar tidak terjadi bulu kucing tumbuh bercabang yaitu menjaga kondisi kucing agar selalu nyaman. Hal ini dilakukan agar kucing kita tidak merasa stress. Terlebih pada saat fase pertumbuhan bulunya. Jika kucing terlihat stress, sebaiknya berikan mainan untuk mengurangi stress pada kucing.


2. Gunakan Produk Yang Cocok

Produk yang cocok ini adalah makanan dan juga shampo yang biasa digunakan oleh kucing. Sebisa mungkin gunakan produk yang memang bersahabat dengan bulu kucing kesayanganmu. Untuk mengtahui lebih pasti terkait dengan produk bulu kucing yang cocok dengan kucing kalian. Sebaiknya konsultasikan pada dokter hewan atau pada ahlinya.


3. Mandikan Kucing Secara Rutin

Langkah untuk mencegah bulu kucing tumbuh bercabang yang selanjutnya yaitu dengan memandikan kucing secara rutin. Langkah ini sangat perlu untuk dilakukan. Karena memandikan kucing dapat mengatasi masalah yang terjadi pada bulu kucing itu sendiri. Selain itu, memandikan kucing secara rutin juga dapat membasmi parasit yang biasa menempel pada bulu kucing. Seperti tungau, jamur dan juga bakteri yang mampu mempengaruhi kesehatan bulu kucing.


4. Berikan Vitamin

Selain menjaga kesehatan dan juga kenyamanan si kucing, memberinya vitamin juga tidak boleh kita lewatkan. Pemberian vitamin pada kucing ini akan membantu mencukupi suplai kebutuhan gizi yang diperlukan oleh kucing itu sendiri. Sehingga kucing akan selalu sehat. Jika seperti ini tentu juga akan berdampak pada pertumbuhan bulu kucing itu sendiri. Namun perlu diperhatikan dalam pemberian vitamin ini sebaiknya dilakukan secara wajar. Jangan sampai over dosis.


5. Menyisir Bulu Kucing

Jangan sepelekan kegiatan menyisir bulu kucing loh. Faktanya bulu kucing yang jarang disisir akan tumbuh tidak rapi dibandingkan dengan kuicng yang rajin disisir oleh pemiliknya. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu melakukan penyisiran bulu kucing kesayangan secara teratur.

Manfaat penyisiran bulu kucing diantaranya :
Untuk melancarkan metabolisme tubuh kucing yang nantinya akan berdampak pada kulit. Jika pada manusia, penyisiran ini layaknya pijat.
Dapat menyingkirkan parasit yang menempel dan membuat rusak bulu kucing. Semisal kutu dan tungau.


Baca Juga :



Itulah langkah dalam mengatasi bulu kucing tumbuh bercabang dengan benar. Lakukan secara rutin terhadap kucing kalian yah. Agar kucing kesayangan memiliki bulu yang indah dan cantik untuk dipandang. Jika bulu kucing yang tumbuh bercabang sudah sangat parah, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya.