Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Karena Jamur Yang Tepat

Banyak para pecinta kucing yang mencari tahu cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur. Hal ini dikarenakan banyak sekali para hobi kucing yang mengalami kejadian serupa. Yakni bulu kucing rontok karena jamur. Mungkin pada sebagian orang hal ini tidak dipermasalahkan atau bukanlah masalah yang terlalu serius. Tapi bagi pecinta kucing, masalah bulu kucing rontok karena jamur ini sangat mengkhawatirkan.


Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Karena Jamur Yang Tepat

Sebenarnya masalah ini tidak hanya sampai pada cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur saja. Tetapi  lebih ke penyakit kucing yang diakibatkan oleh jamur itu sendiri. Karena kucing yang telah terserang penyakit jamuran tidak hanya berdampak pada kerontokan bulunya saja. Tetapi juga dapat menyebabkan infeksi yang berkepanjangan terhadap kucing kita. Dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian. Tentu tidak ingin bukan jika kucing kesayangan kita lewat begitu saja akibat penyakit jamur ini ?

Oleh karena itu, berikut ini cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur yang bisa kita terapkan untuk kucing kesayangan kita. Agar terhindar dari penyakit infeksi bahkan kematian pada kucing tersebut.


1. Bersihkan Kandang Kucing

Cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur yang pertama adalah dengan membersihkan kandang kucingnya terlebih dahulu. Kenapa ?
Karena jamur kucing dapat menyerang kucing kesayangan kita karena dari lingkungan yang kurang sehat. Termasuk juga pada kandang. Sehingga langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan kandang kucing. Untuk membersihkan sebaiknya gunakan vacuum cleaner atau bisa juga dengan cara mencucinya menggunakan detergen. Setelah dibersihkan, jemur kandang kucing dibawah terik sinar matahari. Lalu semprotkan juga desifektan untuk memastikan semua kuman dan bakteri yang ada dalam kandang kucing mati.


2. Mandikan Kucing Menggunakan Belerang

Langkah kedua untuk cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur yaitu dengan cara memandikan kucing menggunakan belerang atau sulfur. Setelah membersihkan kandang tentu saja selanjutnya adalah kucing itu sendiri yang juga harus bersih. Sia-sia dong jika kandang bersih namun penghuninya kotor.

Penggunaan belerang atau sulfur dalam proses pemandian kucing yang terserang penyakit jamur yaitu untuk membunuh jamur-jamur pada kulit hewan. Bahkan juga bisa digunakan pada kulit manusia. Penggunaan belerang ini sama seperti ketika kita menggunakan shampoo pada proses pemandian kucing. Untuk konsentrasi pemberiannya yaitu sebesar 0,5 sampai 5 persen saja.


3. Menggunakan  Obat Minum

Langkah selanjutnya yaitu mengobati kucing yang sudah terserang penyakit jamur. Pengobatan bisa melalui air minum yang telah diberikan obat pembasmi jamur pada tubuh hewan. Untuk kucing biasanya menggunakan Itraconazole, Ketoconazole dan Fluconazole. Cara pemberiannya cukup mudah, yaitu tinggal mencampurkan saja pada air minum yang akan diberikan pada kucing kesayanagn kita. Untuk dosis penggunaannya sesuaikan dengan petunjuk pemakaian atau petunjuk dokter.


4. Gunakan Salep

Selanjutnya untuk Cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur yaitu dengan memberikan salep pada bagian tubuh kucing yang tersaring penyakit jamur. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengobatan jamur pada kucing. Jika pemberian obat dapat menyembuhkan dari dalam, maka akan lebih cepat dan lebih baik apabila ditambah menggunakan salep yang dapat menyembuhkan dari luar. Cara pemakainnya cukup oleskan saja pada bagian tubuh kucing yang terserang penyakit jamur.


5. Gunakan Minyak Tawon

Ternyata untuk mengatasi bulu kucing rontok karena jamuran yaitu dengan cara mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh kucing yang terserang penyakit jamur. Minyak tawon ini memiliki karakteristik yang sedikit lebih panas dibandingkan dengan minyak lainnya. Sehingga akan sangat cocok untuk kucing kesayangan kita. Minyak tawon juga dapat membantu mengeringkan jamur pada kucing tanpa merasa terbakar.


6. Berikan Vitamin Tambahan

Cara mengatasi bulu kucing rontok karena jamur yang terakhir yaitu dengan cara memberikan vitamin tambahan pada kucing yang terserang penyakit jamur. Pemberian vitamin tambahan ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh kucing itu sendiri. Sehingga kucing akan lebih kebal terhadap penyakit jamur maupun penyakit lainnya.