Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Tingkat Keberhasailan Tinggi

Cara menetasakan telur jangkrik bisa dilakukan dengan beberapa media, ada yang menggunakan pasir maupun menggunakan kain. Sebenarnya cara menetaskan telur jangkrik ini mudah dan gampang untuk dipraktekan. Karena pada dasarnya cara meneteskan telur jangkrik tidak jauh berbeda dengan cara menetaskan jenis telur lainnya. Menurut kami justru lebih mudah cara mentesakan telur jangkrik.

Cara menetaskan telur jangkrik ini juga harus dikuasai oleh para peternak. Karena salah satu kunci sukses dalam usaha ternak jangkrik adalah proses penetasan tekur jangkrik itu sendiri. Hal ini disebabkan karena penetasan telur jangkrik merupakan langkah awal untuk mendapatkan bibit jangkrik untuk dibesarkan. Dibandingkan anda membeli tentu akan lebih menguntungkan jika menetaskan telur jangkrik sendiri.
Untuk itu, sebaiknya anda belajar cara menetaskan tekur jangkrik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Yuk simak informasi cara menetaskan telur jangkrik!


Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Hasil Maksimal

Menetaskan telur jangkrik ini tidak membutuhkan waktu yang lama seperti pada jenis telur ayam atau bebek. Tetapi, kita tidak boleh terlena. Meskipun menetaskan telur jangkrik hanya membutuhkan waktu yang singkat. Jika kita gagal tetap saja kegagalan dalam usaha ternak jangkrik ini tidak bisa dihindari.

Ada dua cara untuk menetaskan telur jangkrik. Yaitu menggunakan media kain dan juga media pasir. Kedau cara tersebut bisa anda coba semuanya. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Pasir

Tentu saja langkah yang harus anda lakukan sebelum menetaskan telur jangkrik menggunakan media pasir yakni menyiapkan media pasir dan telur jangkriknya itu sendiri. Setelah siap ikuti tahapan dibawah ini :
  • Setelah media pasir disiapkan, ayak pasir hingga halus dan pastikan bersih dari kotoran yang menempel
  • Sebelum digunakan sebagai media penetasan, pasir sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan penjemuran. Selain dengan cara ini anda juga bisa menggunakan cara di sangrai terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada bakteri dan jamur yang bisa mengancam tingkat keberhasilan penetasan.
  • Letakan pasir pada nampan yang sudah steril. Usahakan permukaan pasir rata dengan ketebalan cukup 1 – 2 cm saja.
  • Setelah itu, taburkan telur jangkrik keseluruh permukaan pasir dengan rata. Lalu tutup kembali dengan pasir tipis. Jangan terlalu tebal juga jangan terlalu tipis. Yang terpenting telur tidak terlihat dari permukaan.
  • Pindahkan nampan yang berisi media dan telur kedalam kandang pembesaran jangkrik yang masih kosong.
  • Lakukan penyemprotan secara halus menggunakan sprayer apabila tingkat kelembaban berkurang.
  • Tunggu hingga 10 hari, telur jangkrik akan menetas dan jangkrik akan keluar dengan sendirinya.


Baca Juga : Cara Ternak Jangkrik Modal Kecil Yang Menguntungkan Untuk Pemula


2. Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Kain

Cara menetaskan telur jangkrik yang kedua yakni menggunakan media kain. Cara ini sebenarnya sama seperti cara menetaskan telur jangkrik menggunakan medai pasir. Hanya medianya saja yang berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi cara menetaskan telur jangkrik menggunakan media kain berikut ini:
  • Langkah-langkah menetaskan telur jangkrik media kain :
  • Siapkan kain sebagai medianya. Potong kain menjadi ukuran 25 x 25 cm. Atau bisa juga disesuaikan dengan keinginan anda.
  • Setelah itu, masukan telur jangkrik kedalam media kain yang telah anda siapkan sebelumnya. Letakkan telur jangkrik tepat berada pada tengah-tengah kain supaya mudah untuk melipat kain nantinya.
  • Silahkan lipat kain dari ke empat sisinya. Berikan kelonggaran dalam lipatan kain tersebut untuk jalan keluar anakan jangkrik setelah menetas.
  • Setelah itu, pidahkan kain kedalam nampan lalu letakan kedalam kandang pembesaran yang masih kosong.
  • Semprot kain menggunakan sprayer secara teratur agar kelembaban kain tetap terjaga.
  • Cek kondisi telur jangkrik secara teratur. Telur jangkrik yang siap menetas biasnya memiliki warna kekuningan atau kehitaman pada usia 9 hari. Pertanda telur jangkrik akan mulai menetas pada hari ke-10

Baca Juga : Berapa Telur Yang Dihasilkan Seekor Jangkrik ?


Itulah cara menetaskan telur jangkrik deegan hasil yang maksimal. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas telur pada saat anda membelinya dan juga kelembaban suhu pada media penetasan. Jika keduanya anda jaga dengan baik tentu hasilnya juga akan maksimal sesuai dengan harapan kita.