Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Kampung Agar Cepat Panen

Ternak ayam kampung cepat panen merupakan impian setiap peternak. Karena de3ngan ternak ayam kampung yang dapat cepat besar dan cepat panen tentu saja perputaran modal akan semakin cepat. Jika sudah begitu maka keuntungan yang akan didapatkan pun akan semakin banyak. Mungkin anda berasumsi bahwa keuntungannya akan tetap. Mungkin asumsi anda adalah mengihtung jumlah atau kuantitas panen saja. Tetapi jika dihitung dalam periode 1 tahun tentu keuntungan anda akan lebih banyak. Karena ayam kampug dapat dipanen lebih cepat dari sebelumnya.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Kampung Agar Cepat Panen
Gammbar Mempercepat Pertumbuhan Ayam Kampung

Oleh karena itu, kita sebagai peternak tentu saja harus mengetahui cara mempercepat pertumbuhan ayam kampung itu sendiri. dengan begitu apabila ayam kampung cepat besar maka usaha ternak ayam kampung juga akan cepat panen.

Lalu bagaimana untuk mempercepat pertumbuhan ayam kampug agar cepat panen ?
Berikut ini uraian yang bisa anda jadikan referesi.

Agar ayam akampuung cepat panen, tentu saja ayam kampung harus cepat besar. Nah untuk mendapatkan ayam kampung cepat besar, tentu kita harus mengatur ransum ayam kampung dan juga sebisa mungkin membuat ayam kampung yang kita pelihara menjadi rakus.
Bagaiaman caranya ?
Simak langkah-langkah berikut ini .


1. Pilih Jenis Pakan Dengan Kualitas Yang Baik

Langkah pertama yang harus kita lakukan agar ayam kampung cepat besat dan cepat panen yaitu dengan memberikan jenis pakan yang berkualitas baik. Mengapa ?
Hal ini di dasari atas tujuan kita memelihara ayam kampung tersebut. Yaitu agar ayam kampung cepat besar. Sehingga, sebisa mungkin kita mempercepat pertumbuhannya. Dengan bantuan pakan berkualitas tentu saja pertumbuahan ayam kampung akan semakin cepat.

Penggunaan pakan berkualitas ini juga sebagai antisipasi apabila ayam kampung tidak makan terlalu banyak atau tidak rakus. Jika kita menemui kendala seperti itu dan masih menggunakan pakan ayam kampung yang biasa-biasa saja sudah terbayang bukan laju pertumbuhannya ?

Sebaiknya gunakan pakan konsentrat khusus untuk ayam pedaging. Selain itu, untuk menambah kadar ransum proteinnya kita bisa menambahkan tepung ikan. Jangan lupa apabila kita akan menggunakan dedak atau bekatul sebaiknya pilihlah dedak yang masih halus, baru dan tidak tercampur dengan bekam padi. Apabila memilih jagung sebagai pakan tambahan, sebaiknya pilihlah jagung yang berwarna kuning. Karena jagung yang berwarna kuning memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih banyak dibandingkan dengan jagung yang berwarna putih.

2. Kompiosisi Pakan Seimbang

Pemilihan komposisi pakan juga sangat mempengaruhi nafsu makan ayam kampung itu sendiri. Selain itu, komposisi pakan yang tidak tepat juga akan mempengaruhi pertumbuhan ayam kampung yang anda pelihara. Nah, untuk mendapatkan ayam kampung dengan pertumbuhan yang relatif cepat. Sebaiknya kita tetap mengatur pola makan dan komposisi pakan agar tetap seimbang. Maksud dari seimbang disini ialah komposisi pakan yang relatif tetap. Artinya komposisi pakan tersebut jangan diubah-ubah setiap harinya. Misal kita memberikan komposisi pakan dengan konsentrat + jagung + dedak halus dengan perbandingan  20 : 40 : 40 usahakan tetap seterusnya seperti itu.


3. Tambahkan Sayuran Atau Dedaunan Dalam Pakan

Penambahan dedaunan dan sayuran dalam pakan ini berfungsi sebagai pengganti vitamin dan mineral yang mungkin tidak bisa didapatkan secara maksimal pada ransum pakan yang telah kita olah sebelumnya. Selain itu, penambahan dedaunan dan sayuran ini juga berfungsi untuk memperbaiki proses pencernaan ayam.

Sayuran dan dedaunan yang bisa kita tambahkan yaitu berupa daun pepaya, daun bayam, daun singkong, daun lengko dan daun pegagan. Sementara temu-temuan yang bisa anda gunakan yaitu temu ireng, temu kunci dan temu kunyit. Sisa sayuran pasar juga bisa ditambahkan berupa kubis atau sawi.

Cara pemberian pakan tambahan dari dedaunan diatas yaitu dengan cara di iris-iris dengan ukuran kecil. kemudian direbus terlebih dahulu. Setelah itu tiriskan dan campurkan pada pakan ayam yang biasa anda berikan.


4. Pemberian Obat Cacing

Cara selanjutnya yaitu dengan cara m emberikan obat cacing secara berkala. Pemberian obat cacing ini juga berfungsi agar ayam yang kita pelihara cepat gemuk. Banyak masyarakat yang memelihara ayam kampung dan diberikan obat cacing seperti ini. Dan hasilnya bisa terbilang efektif.

Pemberian obat cacing ini dilakukan dengan cara mencampurkan dengan air minum pada kandang. Tetapi sebenarnya lebih baik anda menggunakan vaksin yang mencegah ayam kampung dari berbagai penyakit. Jika  akan menambahkan obat cacing, sebaiknya berikan 2 – 3 bulan sekali tergantung keadaan ayam.


Baca Juga : Cara Pemberian Vaksin Pada Ayam Kampung Yang Sering Digunakan Oleh Para Peternak


Itulah cara agar ayam kampung cepat besar. Yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan ayam kampung yakni jenis konsentrat yang diberikan untuk ayam kampung itu sendiri. Jika konsentrat yang kita berikan berkualitas, tentu saja pertubuhan ayam kampung juga akan semakin cepat pula.