Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bibit Entok Yang Baik Dan Berkualitas Agar Cepat Besar Dan Cepat Panen

JSMALFAMART.COMCara Memilih Bibit Entok Yang Baik Dan Berkualitas Agar Cepat Besar Dan Cepat Panen
Memilih bibit entok yang berkualitas tentu sangat dibutuhkan ketika kita akan mulai merintis usaha ternak entok. Terutama untuk usaha ternak entok pedaging. Pemilihan bibit entok yang berkualitas ini nantinya akan berdampak pada pertumbuhan entok itu sendiri. Sehingga sangat disarankan kepada para peternak khususnya para peternak entok untuk mengetahui bagaimana cara memilih bibit entok yang baik untuk usaha peternakan entok.

Ada beberapa indikator untuk menilai apakah teknik yang digunakan untuk memilih bibit entok yang berkualitas tersebut telah dilakukan dengan benar atau tidak. Oleh karena itu, jika anda belum mengetahui bagaimana  cara memilih bibit entok yang berkualitas atau bibit entok yang baik untuk diternakkan dan berpotensi cepat besar. Sebaiknya simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.


Cara Memilih Bibit Entok Yang Baik Dan Berkualitas Agar Cepat Besar Dan Cepat Panen

Cara Memilih Bibit Entok Yang Berkualitas Dan Cepat Besar


1. Jenis kelamin

Cara memilih bibit entok yang pertama yaitu dengan memperhatikan jenis kelamin entok tersebut. Karena dalam pemeliharaan entok tentu saja jenis kelamin akan sangat  berpengaruh. Pasalnya perbedaan jenis kelamin ini akan berpengaruh pada tujuan ternak entok yang akan kita lakukan.

Misal kita akan memulai usaha ternak entok yang bertujuan untuk entok pedaging, tentu saja jenis kelamin jantan sangat cocok. Karena kita tahu bahwa entok dengan jenis kelamin jantan akan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan entok berjenis kelamin betina.
Sebaliknya apabila kita memelihara entok dengan tujuan pembibitan, tentu saja memilih entok dengan jenis kelamin jantan bukanlah pilihan yang tepat. Tentu pilihan yang terbaik adalah entok dengan jenis kelamin betina.

2. Jenis Entok

Cara memilih bibit entok yang kedua yaitu memilih jenis entok yang memang memiliki pertumbuhan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis entok lainnya. Hal ini akan sangat menguntungkan karena kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunggu waktu panen tiba. Sehingga pemilihan bibit entok yang cepat besar ini sangat disarankan.
Apa saja jenis entok yang cepat besar dan direkomendasikan untuk para peternak. Berikut ini informasinya untuk anda :
  • Entok Muskovy. Entok jenis ini mampu memiliki bobot hingga 3-3,5 kilogram per ekor. Selain itu, entok jenis ini juga memiliki daya eram yang baik.
  • Entok Serati. Entok Serati merupakan salah satu entok yang dihasilkan dari persilangan entok betina Alabio dengan entok lokal dari Tegal. Bobot yang dihasilkan oleh entok jenis ini mampu mencapai 2,5-3 kilogram per ekor.
  • Entok Peking. Entok ini merupakan jenis entok yang lazim digunakan oleh para peternak entok pedaging di negara kita. Bobot dari entok Peking mampu mencapai 4,5-5 kilogram per ekor. Dan merupakan entok yang memiliki bobot tubuh sangat baik.

Baca Juga : Cara Mensterilkan Kandang Entok Sebelum Digunakan Untuk Usaha Ternak Entok

3. Bibit Dalam Keadaan Sehat

Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh peternak yang akan membeli bibit entok pada penyedia bibit. Usahakan untuk sangat teliti dalam memilih bibit entok yang akan dibelinya. Karena bisa saja bibit entok yang akan kita beli sudah memiliki riwayat penyakit bawaan. Tentu hal ini akan sangat merugikan. Karena bibit entok yang sudah memiliki riwayat penyakit akan sangat rentan mengalami kematian.
Penyakit yang biasanya menyerang dan wajib diwaspadai yaitu semacam Avian Influenza (AI), Fowl cholera, Fowl pox, Avian Chlamydiasis, Salmonellosis serta masih ada beberapa penyakit lainnya.

Selain dari beberapa ciri-ciri entok diatas, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk memilih bibit entok yang berkualitas. Berikut ini rangkuman untuk anda.


Cara Memilih Bibit Entok Pedaging

  1. Pilih dari salah satu jenis entok berikut ini, diantaranya Muskovy, Serati dan Peking.
  2. Usahakan bibit entok memiliki bulu yang bagus, bersih dan juga kering
  3. Mata pada bibit entok pedaging juga terlihat bersih, jernih serta kedua matanya terbuka
  4. Pergerakan tidak pasif atau agresif dan lincah
  5. Memiliki bentuk kaki yang kokoh serta tidak memiliki cacat pada salah satu kakinya
  6. Bobot ideal untuk bibit entok pedaging yakni seberat 40 gram per ekor
  7. Bebas dari berbagai penyakit dan juga memiliki nafsu makan yang baik.
  8. Usahakan memilih bibit yang berjenis kelamin jantan

Baca Juga : Daftar Penyakit Pada Bebek Yang Sering Menyerang, Baik Bebek Petelur Maupun Bebek Pedaging


Cara Memilih Bibit Entok Petelur :

  1. Umur bibit kurang lebih 5 bulan
  2. Tidak cacat fisik atau cacat bawaan lahir serta terbebas dari penyakit
  3. Bobot sebaiknya telah memiliki 1,4 kilogram atau setidaknya 1,3 kilogram
  4. Berat badan atau bobot sebaiknya seragam
  5. Beli dalam jumlah terbatas agar mendapatkan bibit entok yang baik. Biasanya para peternak entok petelur membeli bibit kurang lebih sekitar 200-300 ekor saja
  6. Perhatikan pada tulang pubis (tulang pantat) yang berada pada saluran keluar telur usahakan melebar dengan ukuran 3 jari tangan.
Itulah cara memilih bibit entok yang baik dan juga bibit berkualitas agar cepat besar untuk entok pedaging serta agar cepat bertelur untuk entok petelur. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, saran dari kami untuk membelinya pada balai pembibitan yang sudah memiliki sertifikat unggul.