Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Anak Ayam Aduan Yang Berkualitas Dengan Mudah

Cara memilh anak ayam aduan yang berkualitas sebenarnya tidak begitu sulit untuk dilakukan. Asal kita memiliki ketelitian untuk memilihnya. Karena pada dasarnya semua orang bisa mengetahui cara memilih anak ayam aduan yang berkualitas apabila memiliki kemuan untuk mempelajarinya.

Cara Memilih Anak Ayam Aduan Yang Berkualitas Dengan Mudah
Gambar anak ayam aduan

Mengetahui cara memilih anak ayam aduan yang berkualitas tentu saja sangat diperlukan untuk para penggemar ayam aduan. Karena dengan memiliki skill atau mengetahui cara memilih anak ayam adauan yang berkualitas, kita dapat membeli Anak ayam aduan yang berkualitas pula.

Lalu bagaimana cara memilih anak ayam aduan yang berkualitas dengan mudah ?
Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

1. Mata Ayam

Cara memilih anak ayam aduan berkualitas yang pertama yaitu dengan cara melihat pada bentuk matanya. Mata ayam aduan  berkualitas memiliki bentuk mata yang bening, jernih, alis lebih menonjol dan matanya sedikit menjorok ke dalam.  Pemilihan bentuk mata yang seperti ini bukan tanpa alasan, mata ayam dengan ciri-ciri tersebut menandakan bahwa nantinya ayam aduan akan memiliki pandangan yang tajam terhadap musuh-musuh yang dihadapinya.


Baca Juga : Modal Ternak Ayam Joper Pemula Yang Terjangkau


2. Bentuk Paruh

Selain melihat dari bentuk matanya, cara memilih anak ayam aduan yang berkualitas yaitu dengan melihat bentuk paruh dari anak ayam itu sendiri. Bentuk paruh anak ayam aduan yang berkualitas yaitu memiliki garis putih pada bagian atasnya. Jika dilihat sekilas hampir mirip dengan paruh burung rajawali.
Memilih bentuk paruh yang seperti ini memiliki tujuan pada saat ayam aduan sudah dewasa. Yaitu agar ayam aduan nantinya memiliki patukan yang kuat dan tajam serta mematikan bagi lawan-lawannya saat bertarung.

3. Karakteristik Kaki

Karakteristik kaki juga menentukan kualitas ayam aduan nantinya. Sehingga ketika kita memilih anak ayam aduan yang berkualitas hendaknya jangan lupa untuk memeriksa pada bagian kakinya juga. Ciri-ciri kaki anak ayam aduan yang berkualitas yaitu memiliki jari terbuka lebar dan normal, bentuk kaki proporsional, lututnya menjorok ke belakang dan memiliki sisik yang relatif lebih kering. Jika kita memilih anak ayam aduan yang memilki karakteristik kaki seperti ini maka pada saat dewasa ayam aduan akan memiliki pukulan yang kuat dan terarah.

4. Bentuk Kepala

Tidak hanya serangan saja, salah satu syarat ayam aduan yang berkualitas juga harus memiliki pertahanan yang kuat. Sehingga ayam aduan tidak mudah tumbang pada saat melakukan pertarungan. Untuk menemukan ayam aduan yang kuat dalam bertahan terletak pada bentuk kepalanya.

Anak ayam aduan yang berkualitas memiliki bentuk kepala yang terlihat tebal, kulitnya tipis dan relatif lebih panjang. Bentuknya mirip seperti kepala burung jalak. Jika kita mendapatkan anak ayam aduan yang memiliki bentuk kepala seperti ini, maka ayam aduan ketika sudah dewasa akan kuat dalam menerima pukulan dan tidak mudah roboh saat terluka.


5. Karakteristik Tulang

Tukang yang di maksud pada anak ayam aduan yang berkualitas yaitu terletak pada tulang badan, leher dan kaki. Ketiga bentuk tulang ini sangat berpengaruh terhadap kualitas anak ayam aduan. Sehingga ketika kita akan memilih anak ayam aduan yang berkualitas, perhatikan bentuk dari ketiga tulang ini.

Untuk tulang badan anak ayam aduan yang berkualitas memiliki bentuk yang memanjang dari tulang dada hingga tulang belakang. Sementara itu, tulang bagian dada umumnya memiliki karakteristik yang tebal dan besar. Serta jika diraba menggunakan tangan secara perlahan akan terasa halus, kuat dan  rapat.

Sementara untuk tulang kaki anak ayam aduan yang berkualitas terdapat dua jenis. Jenis yang pertama yaitu memiliki bentuk tulang kaki persegi. Untuk jenis tulang ini sebenarnya tidak begitu baik untuk ayam aduan. Yang kedua yaitu bentuk tulang kaki membulat. Bentuk inilah yang banyak dicari oleh para penggemar ayam aduan. Karena jika ayam aduan memiliki bentuk tulang kaki yang membulat maka akan memiliki pukulan yang kuat, keras dan tajam.

Yang terakhir yaitu pada bentuk tulang lehernya. Anak ayam aduan yang berkualitas akan memiliki bentuk tulang leher yang panjang, besar dan rapat. Jika ayam aduan memiliki bentuk tulang leher seperti ini akan memiliki gerakan kepala yang fleksibel. Sehingga akan sangat membantu dalam pertahanan pada saat bertarung.