Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Rekening Saham Online Di Bursa Efek Indonesia Tanpa Ribet

JSMALFAMART.COMCara Membuka Rekening Saham Online Di Bursa Efek Indonesia Tanpa Ribet
Cara membuka rekening saham online memang merupakan terobosan terbaru yang bertujuan untuk mempermudah para calon investor yang akan mulai berinvestasi di saham. Dengan diberlakukannya cara membuka rekening saham online, pemerintah berharap dapat menarik banyak investor baru berusia muda di Indonesia.

Mungkin dari kita ada yang ingin memulai investasi saham tetapi tidak mengerti langkah-langkahnya. Atau masih bingung bagaiamana cara membuka rekening saham. Terutama membuka rekening saham online.
Untuk itu, kamu yang belum mengerti atau belum paham cara membuka rekening saham onlie. Silahkan simak informasi yang akan kami berikan terkait dengan cara membuka rekening saham online berikut ini.


Cara Membuka Rekening Saham Online Di Bursa Efek Indonesia Tanpa Ribet


Cara Membuka Rekening Saham Online Di Bursa Efek Indonesia

Dari sekian banyak instrumen investasi, saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling familiar. Terlebih akhir-akhir ini banyak sekali kaum milenial muda yang mulai menginvestasikan dana mereka di instrumen saham. Bukan tanpa alasan, saham memang salah satu instrumen investasi yang memiliki imbal hasil atau laba yang besar dalam jangka waktu yang relatif singkat. Meskipun secara teori resiko investasi saham juga tak kalah besar.

Untuk memulai investasi saham, tentu kita harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Nah, kali ini akan kami berikan informasi cara membuka rekening saham online untuk mempermudah kalian dalam memulai investasi saham. Yuk simak informasinya!


1. Siapakan Persyaratan Membuka Rekening Saham Online

Sama seperti membuka rekening pada umumnya (rekening tabungan), rekening saham juga memiliki beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Persyaratannya tidak banyak dan cukup sederhana, kami yakin kalian tidak akan dipersulit untuk mendapatkan persyaratan membuaka rekening saham online. Berikut ini persyaratan membuka rekening saham online yang harus kalian siapkan :
  • Id Card. Id card ini adalah syarat wajib untuk calon nasabah yang akan membuka rekening saham. Baik untuk broker luar negeri maupaun dalam negeri. Id card bisa berupa KTP untuk warga negara Indonesia. Harus KTP, tidak boleh digantikan dengan SIM atau kartu identitas yang lain. Sementara untuk WNA harus menggunakan KITAS atau Passport.
  • NPWP. Syarat kedua yaitu NPWP. NPWP bisa kita dapatkan di kantor Pajak Pratama di kota masing-masing. Ini juga syarat wajib untuk membuka rekening saham online. Jika tidak memiliki NPWP, kita bisa meminta surat pernyataan tidak memiliki NPWP yang nantinya ditandatangani diatas materai (untuk pembukaan rekening offline, jika online tentu harus ada NPWP)
  • Cover Buku Tabungan. Cover tabungan ini adalah buku tabungan rekening pribadi kita. Dari bank apaun tidak dipermasalahkan. Cover buku tabungan ini nantinya akan digunakan oleh pialang atau broker untuk memeriksa rekening bank nasabah. Dan apabila nantinya kita akan melakukan penarikan, pada rekening inilah dana kita akan ditampung. Kita juga dapat berkonsultasi dengan broker untuk dapat mengintegrasikan rekening pribadi menjadi RDI kita.
  • No Identitas KSEI. Untuk kita yang baru akan membuka rekening saham tidak diwajibkan memiliki No Identitas KSEI. Ini hanya diperuntukan bagi mereka yang telah membuka rekening saham sebelumnya dan akan membuka rekening saham kembali untuk yang kedua kalinya.
  • Fotokopi KTP Suami, Fotokopi NPWP Suami Dan Fotokopi Kartu Keluarga. Syarat ini diberika nkepada kita yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Jika tidak, maka syarat ini juga tidak akan diberlakukan.
  • Materai 6000. Materai 6.000 digunakan untuk melakukan perjanjian antara kita sebagai nasabah dengan broker sesuai ketentuan yang berlaku. Silahkan siapkan materai 6.000 sebanyak 8 lembar.


2. Pilih Broker/Sekuritas

Setelah persyaratan diatas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya yaitu memilih broker yang nantinya akan dijadikan tempat kita untuk bertransaksi saham. Silahkan pilih broker yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Setelah menentukan pilihan broker, selanjutnya silahkan bertemu dengan broker atau datang langsung ke kantor terdekat. Karena kali ini kami memberikan informasi mengenai cara membuka rekning saham online, maka mari kita bahas untuk membuka rekening saham online.

Silahkan masuk ke situs resmi broker yang kita pilih. Lalu pilih buka rekening saham online. Selanjutnya kita akan diberikan formulir online yang harus diisi lengkap yang nantinya akan kita kirimkan kembali, formulir tersebut akan di validasi oleh broker. Nantinya kita akan disuruh menunggu kurang lebih selama 2 minggu. Setelah itu kita akan dikirimkan email yang isinya berupa user ID, password dan pin trading.


Baca Juga : Cara Membuka Rekening Saham Online Di BNI Sekuritas Lengkap



Itulah cara untuk membuka rekening saham online yang bisa kita berikan informasinya. Semoga dapat membantu untuk semuanya. Temukan juga informasi lain yang terkait dengan cara membuka rekening saham online dibawah artikel ini. Jangan lupa berinvestasi sedini mungkin untuk menjamin kehidupan anda di masa yang akan datang.