Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Entok Agar Cepat Besar Dengan Biaya Sedikit

JSMALFAMART.COMCara Membuat Pakan Entok Agar Cepat Besar Dengan Biaya Sedikit
Cara membuat pakan entok agar cepat besar dengan biaya sedikit atau irit tentu saja sangat berguna bagi para peternak entok. Karena jika kita mengetahui cara lengkapnya tentu saja akan berdampak sangat positif. Yakni dapat meningkatkan keuntungan dari usaha ternak entok yang sedang kita kelola.

Sebenarnya cara membuat pakan entok agar cepat besar ini sama dengan cara membuat pakan alternatif entok. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memperkecil atau menekan biaya produksi ternak entok itu sendiri. Terutama pada biaya pakan yang digunakan pada entok setiap harinya.
Untuk mengetahui cara membuat pakan ternak entok agar cepat besar, berikut informasi lengkapnya untuk anda.


Cara Membuat Pakan Entok Agar Cepat Besar Dengan Biaya Sedikit


Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Agar Cepat Besar

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Ember plastik atau bisa diganti menggunakan terpal. Tergantung dengan jumlah pakan alternatif entok yang akan kita buat
  • Larutan penguraian
  • Takaran atau bisa juga menggunakan timbangan
  • Plastik penutup
  • Gunting atau pisau tajam
  • Air secukupnya


Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Bekatul, rumput kering dan juga limbah rumah tangga yang akan digunakan  sebagai pakan alternatif entok
  • Limbah pertanian (jerami, buah busuk dan bisa juga menggunakan tanaman kering)
  • Ampas tahu, ampas kelapa dan ampas kedelai


Langkah-Langkah Cara Membuat Pakan Ternak Entok Agar Cepat Besar (Membuat Pakan Alternatif Entok)

  1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan diatas.
  2. Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan pakan entok agar cepat besar yaitu menghaluskan semua bahan yang akan dijadikan sebagai pakan alternatif entok itu sendiri. Pada proses ini kita bisa menggunakan mesin penghancur atau mesin penggiling.
  3. Setelah itu, siapkan wadah, bisa menggunakan ember plastik ataupun terpal. Setelah siap, tuang bahan pakan alternatif entok yang telah dihaluskan ke dalam ember atau terpal yang telah anda siapkan.
  4. Setelah itu, aduk bahan pakan entok yang akan difermentasi, pastikan semua bahan tercampur dengan rata.
  5. Setelah bahan pakan entok tercampur dengan rata, langkah selanjutnya yaitu mencampurnya dengan zat pengurai pakan alternatif entok itu sendiri. Bahan pengurai atau zat pengurai ini bisa menggunakan nanas yang telah dihaluskan, pupuk urea halus atau bisa juga menggunakan ragi makanan. berikan zat pengurai ini secukupnya. Biasanya perbandingan yang diguanakan yakni 15-20 persen saja.
  6. Setelah dicampur dengan zat pengurai, lakukan pengadukan pada bahan apakan alternatif entok tersebut. Pada saat pengadukan ini tambahkan pula air bersih secukupnya untuk membantu proses fermentasi.
  7. Setelah itu tutup rata pakan entok tersebut selama 1 sampai 2 minggu sampai pakan alterantif entok terfermentasi dengan sempurna.
  8. Setelah pakan selesai difermentasi, jemur pakan tersebut dibawah terik sinar matahari hingga kering.
  9. Pakan entok siap digunakan.


Baca Juga : Jenis Entok Pedaging Yang Cepat Besar Dan Cocok Untuk Usaha Ternak


Itulah cara membuat pakan ternak entok agar cepat besar. Semoga dapat membantu para peternak entok  untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dan tentu saja dapat mengurangi biaya produksi akibat mahalnya harga pakan ternak entok. Untuk pertanyaan yang kurang jelas silahkan kirimkan pertanyaan anda ke email kami [email protected].