Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Belut Organik Atau Pakan Belut Buatan

Cara membuat pakan belut organik ini sangat dibutuhkan oleh para pembudiaya belut. Karena dengan pakan ini kita bisa menekan biaya produksi terutama pada proses pemberian pakan. sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.


Cara Membuat Pakan Belut Organik Atau Pakan Belut Buatan


Cara membuat pakan belut sangatlah mudah. Hampir semua pembudidaya bisa mempraktekannya di rumah. Karena langkah-langkahnya sangat sederhana sekali. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat pakan belut organik atau pakan belut buatan sebagai berikut :

Siapakan bahan-bahannya tereabih dahulu. Kali ini kami akan memberiakn rincian bahan yang digunakan untuk memuat pakan belut organik sebanyak 1 kilogram.
  1. Daging (ikan rucah, keong atau bekicot) sebanyak 750 gr
  2. Pelet ikan 200 gr
  3. Tepung tapioka 1 sendok makan untuk setiap 1 kg pakan
  4. Air secukupnya


Cara pembuatan pakan belut :
  • Giling daging sampai halus. Bisa menggunakan blender.
  • Basahi pakan atau pellet ikan agar basah dan sedikit lunak.
  • Setelah itu campurkan daging giling dan pellet yang sudah lunak serta tambahkan tepung tapioka seperti takaran yang sudah ada pada rincian bahan sebelumnya.
  • Jika semua bahan sudah tercampur rata, selanjutnya yaitu giling hingga halus.
  • Bentuk pakan seperti adonan cireng dan ukurannya sesuaikan dengan mulut belut.
  • Letakan pakan pada wadah pakan yang terbuat dari jaring.
  • Letakan wadah pakan tepat pada saluran air (kamalir)

Cukup mudah bukan cara membuat pakan belut organik atau pakan belut buatan. Yang perlu diperhatikan adalah pakan ini tidak bisa digunakan sebagai stok pakan. Pakan jenis ini hanya boleh digunkan maksimal 12 jam setelah proses pembuatan. Itupun sudah disimpan dalam lemari es. Sehingga, sebaiknya kita membuat pakan sesuai kebutuhan belut yang ada pada kolam pembesaran saja.