Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kolam Belut Dari Terpal Sederhana Dan Irit Biaya

Kolam belut memang tidak bisa menggunakan jenis kolam lain selain dari kolam tembok. Tetapi jika memang sangat terpaksa, anda bisa menggunakan kolam belut dari terpal sebagai alternatifnya. Atau sebagai penghemat modal awal agar tidak terlalu membengkak.

Tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan terpal sebagai media dalam pembuatan kolam belut ini. Terlebih cara membuat kolam belut dari terpal yang benar agar nantinya kolam memang benar-benar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dan  yang terpenting usaha pembesaran belut tidak terhenti ditengah jalan akibat menggunakan kolam dari bahan terpal.


Cara Membuat Kolam Belut Dari Terpal Sederhana Dan Irit Biaya

Lalu bagaimana cara membuat kolam belut dari terpal yang benar ?
Berikut ini informasi lengkap terkait dengan cara membuat kolam belut dari terpal yang benar dan sesuai dengan standar.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  1. Terpal kualitas terbaik, untuk ukurannya bisa anda sesuaikan
  2. Bambu atau bisa mnggunakan rangka besi
  3. Semen, pasir dan kerikil bila diperlukan yang digunakan sebagai alas kolam agar rata
  4. Pipa 3 inchi yang berfungsi sebagai saluran pembuangan

Cara membuat kolam belut dari terpal
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat dasar kolam. Jika menginginkan dasar kolam yang benar-benar rata, anda bisa mnggunakan semen dan pasir untuk membuat alasnya terlebih dahulu. Tetapi   cara ini tidak wajib dilakukan. Untuk menghemat biaya sebaiknya ratakan saja kontur tanah yang akan dibuat kolam.
konsep kolam belut dari terpal
  • Setelah dasar kolam selesai anda buat, langkah selanjutnya yaitu pembuatan kerangka kolam. Kerangka kolam ini sebaiknya menggunakan besi agar lebih kuat dan lebih praktis. Tetapi anda juga bisa menggunakan bambu. Jika menggunakan bambu, potong bambu sesuai ukuran kolam yang akan anda buat. Setelah itu serut bambu sampai bagian tajamnya hilang. Lalu rangkai sesuai dengan bentuk kolam. Contoh bentuk kolam seperti gambar dibawah.
Gambar kerangka kolam
  • Setelah kerangka kolam sudah selesai anda buat, langkah selanjutnya yaitu dengan membuat saluran pembuangan air pada dasar kolam. Untuk konsepnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Gambar pembuangan air.
  • Setelah semua telah selesai  atau telah siap. Langkah selanjutnya adalah pemasangan terpal pada kerangka kolam. Lakukan dengan perlahan dan rapi agar tidak ada bagian terpal yang terlipat. Periksa pada bagian pojokan kolam yang biasanya terdapat lipatan-lipatan.
  • Setelah semua siap, lakukan sterilisasi kolam hingga bisa digunakan untuk usaha budidaya belut.

Itulah cara membuat kolam belut dari terpal. Sebenarnya kolam belut dari terpal ini sama persis dengan kolam ikan biasanya. Yang terpenting dalam memilih kolam belut dari terpal ini yaitu terletak pada kualitas terpal yang anda gunakan. Sebaiknya gunakan terpal dengan kualitas terbaik agar kolam tidak mudah bocor.