Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur Menggunakan Bambu Dengan Biaya Murah

Membuat kandang puyuh petelur tidak harus mahal. Contohnya kandang puyuh dari bambu yang akan kamu berikan tutorialnya kali ini. Cara membuat kandang puyuh petelur menggunakan bambu dengan biaya murah kali ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi anda yang minim modal. Atau masih memulai usaha peternakan puyuh petelur skala kecil.
kandang puyuh petelur

Sebenarnya kandang puyuh tidak hanya menggunakan bambu. Ada pula peternak yang menggunakan kawat sebagai kandang puyuhnya. Tetapi, dalam kesempatan kali ini kami tidak akan membahas semuanya. Melainkan hanya membahas cara membuat kandang puyuh dari bambu dengan biaya yang murah.

Berikut ini informasi lengkap mengenai cara membuat kandang puyuh dari bambu dengan biaya murah untuk anda :

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur Menggunakan Bambu

Alat dan bahan :

  1. Bambu
  2. Kaso (balok reng)
  3. Paku khusus bambu
  4. Kawat galvanis
  5. Pipa pvc 3″
  6. Palu, gergaji dan alat pendukung lainnya. 


Cara pembuatan:

  • Langkah pertama untuk membuat kandang puyuh petelur murah dari bambu yaitu dengan memotong bahan sesuai ukuran yang telah anda siapkan sebelumnya. Untuk mempermudah sebaiknya lihat design gambar kandang puyuh petelur dibawah artikel ini. Lalu sesuaikan ukurannya. 
  • Setelah itu, rangkai sesuai dengan sedign yang kami berikan. Usahakan saat menggunakan paku tidak ada bagian yang menonjol agar tidak melukai puyuh.
  • Pada saat membelah bambu, usahakan belah menjadi 4 bagian saja agar lebih kuat dan tahan lama. Sementara untuk tempat pakan dan minum gunakan pipa pvc 3″ yang dibelah menjadi dua bagian. Jangan lupa tempat minu berada di bagian atas. Agar sisa-sisa pakan yang berjatuhan tidak mengotori air minum puyuh itu sendiri. 
  • Jangan lupa per lantai tambahkan karpet atau sebaiknya gunakan triplek agar bisa di tarik ulur seperti lantai sangkar burung. Sehingga mempermudah dalam proses pembersihan kotoran puyuh itu sendiri. 

Baca Juga :

Gambar design kandang puyuh dari bambu

design kandang puyuh petelur

kandang puyuh dari bambu

Itulah informasi mengenai cara membuat kandang puyuh dari bambu yang murah dan efisien. Untuk cara pembuatannya tidak kami berikan secara rinci. Kami rasa anda bisa mempresentasikan sendiri langkah-langkah cara pembuatan kandang puyuh setelah melihat design gambar diatas.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *