Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kandang Perjodohan Kacer Sederhana Untuk Skala Usaha


Cara membuat kandang perjodohan kacer tidak boleh asal. Karena membuat kandang perjodohan kacer ini berfungsi untuk perkawinan atau penangkaran kacer itu sendiri. Sehingga jika tidak sesuai dengan standar otomatis kacer tidak akan mampu berkembang biak dengan maksimal.

Untuk itu, kali ini akan kami berikan bagaimana cara membuat kandang perjodohan kacer sederhana yang bisa kalian gunakan. Dan tentunya kandang perjodohan kacer ini sesederhana mungkin. Untuk bahan tidak perlu menggunakan bahan yang kami sebutkan apabila menurut anda terlalu mahal atau mungkin anda memiliki pengganti bahan alternatif yang kami sebutkan pada langkah-langkah cara membuat kandang penjodohan kacer ini. Untuk informasi lengkapnya sebagai berikut!


Cara Membuat Kandang Perjodohan Kacer Sederhana Untuk Skala Usaha


Cara Membuat Kandang Perjodohan Kacer

Kandang perjodohan kacer sendiri sebenarnya adalah kandang penangkaran seperti pada penangkaran burung yang lainnya. Hanya saja, pada kandang penangkaran tersebut hanya di isi oleh indukan kacer betina saja. Sedangkan untuk indukan kacer jantan ditempatkan pada kandang seperti biasanya. Yang nantinya pada saat proses perjodohan, kandang pejantan di dekatkan pada kandnag betina.

Nah, bagaimana cara membuat kandang perjodohan kacer atau biasa disebut sebagai kandang penangkaran. Berikut ini akan kami berikan informasi lengkapnya. Kami tidak memberikan informasi cara membuat kandang perjodohan kacer secara detail. Yang akan kami berikan adalah design kandang perjodohan kacer yang bisa anda gunakan sebagai pedoman dalam membuat kandang kacer. Berikut ini informasi lengkapnya!


Gambar 1 kandang perjodohan kacer design bagian dalam

Keterangan Gambar :
  • Bagian A-B . Adalah lokasi penempatan sarang. Idealnya penempatan sarang ini lebih dari satu agar nantinya kacer bisa memilih sarang yang sesuai dengan seleranya.
  • Bagian C. Adalah bagian atap penutup
  • Bagian D. Adalah bagian atap terbuka (gunakan kawat strimin)
  • Bagian E. Adalah bagian wadah air yang digunakan untuk tempat mandi burung kacer
  • Bagian F. Adalah bagian papan untuk wadah pakan dan air minum
  • Bagian G. Adalah bagian angkringan yang berfungsi sebagai tempat kacer bertengger.




Gambar 2 kandang perjodohan kacer design tampak depan bagian muka kandang


Keterangan Gambar
  • Bagian A. Adalah kawat strimin yang berfungsi untuk tempat kita mengontrol kondisi kandang
  • Bagian B. Adalah jendela yang digunakan keluar masuknya tangan pada saat mengganti pakan atau minum
  • Bagian C. Adalah dinding depan yang terbuat dari triplek atau sejensinya
  • Bagian D. Adalah pintu yang digunakan untuk keluar masuk orang atau peternak.


Catatan :
Pada bagian sisi dinding yang lain yang tidak disebutkan bahannya. Silahkan untuk menggunakan bahan triplek atau papan. Yang terpenting tidak transparan.


Setelah membuat kandang perjodohan kacer sesuai dengan design yang kami berikan diatas. Langkah selanjutnya adakah membuat tempat sarang yang nantinya akan digunakan indukan kacer betina untuk bertelur. Untuk design tempat sarang sebagai berikut.




Gambar 3. Design Tempat Sarang Kacer

Setelah selesai membuat semua sesuai dengan design kandang perjodohan diatas. Langkah selanjutnya yaitu dengan memebrikan bahan sarang kacer disekitar tempat sarang. Bisa anda letakkan pada lantai disekitar tempat sarang atau letakkan pada tempat khusus semisal nampan. Untuk bahan sarang kacer yang ideal bisa anda baca



Baca Juga :



Itulah cara membuat kandang perjodohan kacer yang bisa anda coba. Yang terpenting adalah sirkulasi udara terjamin dan memudahkan kita untuk mengontrol kondisi kacer di dalam kandang. Selain itu, pada pembuatan kandang perjodohan kacer ini yang paling penting adalah tempat pembuatan sarangnya. Usahakan gunakan design tempat sarang seperti yang telah kami berikan. Agar terhindar dari hama atau predator seperti semut.