Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat File Data Bisnis Baru Menggunakan Program MYOB

Membuat file data bisnis baru menggunakan program MYOB dalam Accounting sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan beberapa langkah sederhana seperti dalam pengoperasian progam lainnya. jika kalian belum begitu paham dengan cara membuat file data bisnis baru menggunakan program MYOB Accounting bisa kalian simak pada informasi berikut ini.


Cara Membuat File Data Bisnis Baru Menggunakan Program MYOB


Cara Membuat File Data Bisnis Baru Menggunakan Program MYOB

Sebelum masuk ke langkah-langkah pembuatan file data bisnis baru menggunakan progaram MYOB dalam Accounting, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu file data bisnis. file data bisnis sendiri adalah file yang digunakan untuk menyimpan seluruh data akuntansi. File ini unik, spesifik dan tunggal. Dan pembuatannya hanya dilakukan sekali saja tanpa perlu membuatnya lagi pada masa periode selanjutnya.

Untuk lebih lengkap terkait dengan cara membuat file data bisnis baru menggunakan program MYOB Accounting bisa anda simak pada langkah-langkah berikut ini :
  • Silahkan buka menu MYOB anda
  • Setelah menu Welcome To MYOB terbuka, selanjutnya silahkan klik Create A New Company File
  • Setelah anda klik Create A New Company File, selanjutnya anda akan dibawa ke tampilan Form New Company File Assistant Intoduction.
  • Selanjutnya silahkan klik Next>
  • Setelah itu anda akan masuk ke dalam menu Windows Company Information. Silahkan untuk melegkapi data pada kolom yang tampil di program MYOB anda. Pada formulir tersebut akan tampil Serial Number, Company Name, Company No, Vat No, Addres, Phone Number, Fax Number, Email Addres. Setelah selesai mengisi formulir tersebut silahkan klik Next>
  • Selanjutnya anda akan  dibawa pada halaman Windows Accounting Information. Disini kita juga harus melengkapi data seperti pada halaman menu Windows Company Profile. Pada laman ini silahkan isi data pada Current Funancial Year (periode tahun akuntansinya), Last Month of Financial Year (bulan terakhir periode akuntansi sebelumnya), Conversion Month (bulan yang akan kita proses atau di bukukan) dan Number of Periods (silahkan pilih twelve atau thirteen jika data penyesuaian dicatat khusus). Setelah melengkapi semua data diatas selanjutnya silahkan untuk klik Next>
  • Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, sebaiknya periksa kembali data yang telah anda entry. Bila ada kesalahan dalam entry data silahkan untuk klik <Back untuk memperbaharuinya. Apabila telah selesai silahkan klik Next>
  • Setelah itu pilihlah akun pada menu Window Account List sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Setelah itu, pada Window Company File silahkan untuk menentukan directory dan folder serta nama file yang akan digunakan tersimpan. File ini secara default akan tersimpan pada C:\Accounting 17\nama perusahaan. Jika anda ingin menggantinya sesuai dengan kebutuhan silahkan untuk klik tombol Change lalu tentukan Directory dan Folder serta nama file yang baru. Setelah semuanya selesai silahkan untuk klik >Next
  • Jika anda sudah sampai pada Window Conclusion, berarti tanda pembuatan file data bisnis baru sudah selesai. Selanjutnya silahkan untuk klik tombol Command Centre untuk masuk ke menu utama MYOB Accounting. Selanjutnya akan tampil Command Centre MYOB dengan tampilan sesuai file data yang telah anda buat sebelumnya.



Catatan :
  • I would like to start with (memilih salah satu dari account yang telah disediakan oleh MYOB)
  • I would to import (memilih import account dari file setelah selesai membuat file)
  • I would like to build my own (membuat account sendiri saat menggunakan MYOB)


Itulah cara membuat file data bisnis baru menggunakan program MYOB yang bisa menjadi referensi buat anda. Silahkan untuk mengikuti langkah-langkah diatas dengan seksama. Jangan lupa untuk selalu memeriksa data yang telah di entry terlebih dahulu sebelum masuk ke menu selanjutnya.