Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Desinfektan Sederhana Yang Alami Dan Mudah Diterapkan

Cara membuat desinfektan sederhana yang berfungsi untuk membersihkan kandang sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Membuat desinfektan sebenarnya mudah. Hampir semua perternak bisa. Kurang lebih sama seperti membuat racikan pakan tambahan untuk hewan ternak yang tentu sudah diluar kepala.

Membuat desinfektan sederhana bisa menggunakan bahan alami. Biasanya cara membuat desinfektan yang satu ini biasa disebut sebagai desinfektan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kandang hewam ternak. Pemilihan desinfektan alami ini bukan tanpa alasan. Biasanya banyak para peternak yang enggan memilih desinfketan dari pabrik karena mengandung bahan-bahan kimia yang memiliki dampak tidak baik terhadap lingkungan sekitar. Selain itu biasanya desinfektan ini harganya mahal dan sifatnya lebih toksin.

Cara Membuat Desinfektan Sederhana Yang Alami Dan Mudah Diterapkan

Desinfektan sendiri cara pembuatannya cukup mudah. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang lebih aman seperti deterjen, minyak tanah, detol dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut tentunya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan desinfektan dari bahan kimia.

Untuk cara membuat desinfektan sederhana yang bisa diterapkan di rumah bisa anda ikuti beberapa langkah dibawah ini.


Bahan Yang Disiapkan :
  • Deterjen 3 sendok makan
  • Minyak tanah 120 ml
  • Detol  5 – 15 tetes
  • Tembakau (ekstrak 120 ml)
  • Pembersih toilet 5 – 15 tetes
  • Batu kapur secukupnya
  • Merang dan belerang jika ada


Baca Juga : Dosis Formalin Untuk Semprot Kandang Ternak Yang Benar Sekaligus Tahapan Pemberiannya



Cara Pembuatan :
  1. Siapkan semua bahan diatas dan juga sprayer yang nantinya akan digunakan untuk wadah desinfektan
  2. Campurkan semua bahan diatas kecuali batu kapur dan merang
  3. Aduk semua bahan menjadi homogen sampai deterjen menjadi larutan
  4. Setelah itu masukan ke dalam sprayer yang telah disiapkan sebelumnya
  5. Desinfektan sudah siap digunakan.


Cara`menggunakan desinfektan ini yaitu dengan cara langsung menyemprotkan kebagian kandang yang akan dibersihkan. Setelah itu di lap menggunakan kain agar cepat kering. Jika sudah kering taburkan batu kapur ke seluruh bagian kandang.
Apabila memiliki merang dan belerang, lakukan prose pengasapan menggunakan merang yang dibakar. Dan lebih baik lagi apabila merang ditaburi dengan belerang.

Itulah cara membuat desinfektan sederhana yang bisa anda terapkan pada peternakan yang anda kelola dirumah. Jangan lupa untuk terus mengupayakan kebersihan kandang agar hewan ternak anda dapat lebih sehat dan tidak terjangkit penyakit.