Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Design Akuarium Ikan Mas Koki Sederhana Yang Sesuai Standar Hidup Ikan Mas Koki

Banyak yang mencari cara membuat design akuarium ikan mas koki yang cantik, baik dan juga sehat. Memang ketika memelihara ikan mas koki tetapi design akuarium untuk ikan mas koki tersebut tidak diperhatikan tentu saja kurang menarik. Alasannya yaitu ikan yang dipelihara terlihat cantik. Tetapi akuarium polos-polos saja maka akan terlihat kurang pas atau tidak begitu terlihat cantik meskipun ikan yang ada didalamnya sangat cantik.

Tetapi perlu diketahui oleh pemelihara ikan mas koki, yaitu ketika membuat design akuarium untuk ikan mas koki. Sebaiknya kita tetap memilih cara membuat design hiasan aquarium untuk ikan mas koki yang baik dan sesuai standar perawatan ikan mas koki itu sendiri. Sehingga ikan mas koki yang kita pelihara tidak mengalami stress dan dapat tumbuh dengan baik.


Cara Membuat Design Akuarium Ikan Mas Koki Sederhana Yang Sesuai Standar Hidup Ikan Mas Koki


Dalam menata hiasan aquarium untuk ikan mas koki tentu saja selain menggunakan bahan yang tidak berbahaya tentu kita juga memperhatikan budget. Selain itu, kita juga harus memahami bahwa mahal belum tentu bagus. Sedangkan bagus juga belum tentu enak di lihat. Oleh karena itu, kalii ini akan kami berikan panduan cara membuat design aquarium ikan mas koki atau lebih sederhananya menata aquarium untuk ikan mas koki agar enak dilihat.


Contoh Design Aquarium Untuk Ikan Mas Koki Yang Sederhana Tapi Enak Dilihat


Sebelum memilih design aquarium untuk ikan mas koki. Sebaiknya anda menyiapkan peralatan yang wajib ada pada akuarium ikan mas koki. Diantaranya sebagai berikut:


1. Filter

Filter adalah alat pelengkap aquarium yang berfungsi sebagai penambah kualitas air yang ada pada aquarium itu sendiri. Tentunya fungsi filter ini adalah untuk meminimalisir kotoran yang ada pada aquarium serta dapat melarutkan zat nitrit dan amonia belebih dalam air. Dengan adanya filter ini ikan mas koki akan dapat hidup dengan baik. Karena terdapat arus air yang kaya akan kandungan oksigen terlarut.

Filter air dalam aquarium ini sebenarnya hanya berfungsi sebagai output atau masuk keluar air pada aquarium. Tetapi manfaat yang diberikan sangat banyak. Sehingga sangat disarankan pada pecinta ikan mas koki yang memelihara ikan mas kokinya di aquarium.


2. Aerator

Setelah filter, perlengkapan yang wajib ada di dalam aquarium untuk memlihara ikan mas koki selanjutnya yaitu aerator. Aerator ini merupakan termasuk ke dalam alat bantu untuk aquarium. Aerator memiliki fungsi menciptakan gelembung oksigen di dalam air pada aquarium ikan mas koki.

Cara kerjanya yaitu mengambil udara dari luar kemudian dimasukkan kedalam aquarium. Sehingga terciptalah gelembung udara yang akan kandungan oksigen untuk membantu ikan mas koki bertahan hidup didalam akuarium. Selain itu, aerator ini juga dapat befungsi sebagai pengatur suhu panas pada aquarium. Aerator dapat mengurangi suhu panas dalam air dan juga memberi efek pada arus air yang sangat cocok untuk ikan mas koki.

Setelah dua peralatan wajib diatas sudah dipenuhi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan design aquarium ikan mas koki. Bagaimana cara membuat design akuarium ikan mas koki yang baik ?
Simak penjelasan singkat berikut ini :



 1. Pemilihan Lampu Hias

Tentu hal pertama yang biasanya difikirkan untuk mempercantik tampilan akuarium ikan mas koki yaitu menggunakan lampu hias. Banyak yang sudah menggunakan lampu hias untuk mendesign akuarium ikan mas kokinya. Memang peggunaan lampu hias ini akan membuat tampilan akuarium akan lebih cantik dan enak untuk dilihat.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa penggunaan lampu hias yang menyalahi aturan tentu saja akan menganggu proses atau aktivitas ikan mas koki itu sendiri. Sehingga pengaturan lampu hias ini sangat diperlukan untuk membuat ikan mas koki tetap mampu bertahan pada akuarium yang sedang kita gunakan.

Waktu yang ideal untuk menyalakan lampu hias atau lampu akuarium yang benar yaitu maksimal hanya 10 jam saja. Jika lebih dari itu tentu saja akan merusak keseimbangan ekosistem ikan koki dalam akuarium itu sendiri. Contoh ketika lampu tersebut dinyalakan pada siang hari, tentu saja semua ikan akan aktif dan fitoplankton yang ada pada akuarium juga dapat berkembang. Dan ketikan malam hari pada saat lampu dimatikan tentu saja aktivitas ikan juga akan berhenti. Oleh karena itu, sebaiknya penyalaan lampu harus dilakukan dengan tepat agar ikan mas koki tidak mengalami stress akibat penggunaan lampu yang berlebihan.


2. Memilih Hiasan

Setelah masalah lampu bisa diatasi, langkah selanjutnya yaitu untuk memilihjenis hiasan yang akan digunakan untuk menghias akuarium ikan mas koki kita. Sebaiknya dalam memilih hiasan kita tidak boleh menggunakan bahan yang berbahaya untuk ikan mas koki itu sendiri. Tetapi tetap saja memperhatikan unsur estetika pada akuraium. Sehingga selain sehat dan baik, akuarium juga sangat enak untuk dipandang.

Beberapa tips untuk memilih hiasan yang baik untuk akuarium ikan mas koki :
  • Pilih jenis hiasan ikan mas koki sesuai dengan ukuran akuarium yang anda miliki. Jika ukuran akuarium kecil, sebaiknya pilih juga hiasan yang kecil. Artinya sesuai dengan ukuran akuarium. Jangan sampai ikan merasa tidak nyaman karena ruang geraknya dibatasi dengan hiasan tersebut.
  • Jangan terlalu banyak dalam memberikan hiasan pada akuarium. Usahakan ketika kita mendesign akuarium ikan mas koki sebaiknya tetap memberikan ruang berenang yang cukup untuk ikan mas koki tersebut.
  • Tambahkan juga tanaman hias yang sesuai atau cocok untuk ikan mas koki. Sehingga sebisa mungkin disesuaikan dengan habitat dan kerakteristik ikan mas koki itu sendiri.


Contoh Design Akuarium Ikan Mas Koki



1. Biofiltrasi

Cara Membuat Design Akuarium Ikan Mas Koki Sederhana Yang Sesuai Standar Hidup Ikan Mas Koki

Contoh design akuarium ikan mas koki yang pertama yaitu design akuarium biofiltrasi. Design ini dirancang untuk menciptakan akuarium ikan mas koki yang mampu melakukan proses penyaringan kotoran-kotoran ikan serta memperangkapnya. Sehingga dapat merangsang perkembangan bakteri-bakteri nitrobacter yang ada pada akuarium.

Cara ini biasanya digunakan untuk penggemar ikan mas koki yang cenderung malas untuk menguras atau mengganti air dalam akuarium ikan mas koki. Karena apabila kita mengunakan metode ini tentu saja tidak perlu membutuhkan pengurasan air.


2. Greewater

Cara Membuat Design Akuarium Ikan Mas Koki Sederhana Yang Sesuai Standar Hidup Ikan Mas Koki

Design akuarium ikan mas koki yang kedua yaitu greenwater. Design ini sesuai dengan namanya yaitu membuat warna akuarium menjadi lebih dominan hijau. Warna hijau ini didominasi dari lumut yang ditempatkan pada beberapa bagian didalam akuarium ikan mas koki sendiri. Sehingga akan membuat warna ikan mas koki yang ada pada akuarium akan terlihat lebih cerah akibat sering memakan lumut yang ada pada akuarium.


Baca Juga :



Design ini sangat baik untuk kesehatan ikan mas koki. Karena dengan design ini tentu saja bahan yang digunakan yaitu dari bahan-bahan alami saja. Hanya saja kelemahan dari design ini yaitu ikan mas koki tidak begitu terilihat akibat hijaunya air yang ada pada akuairium itu sendiri.

Itulah cara mendesign akuarium ikan mas koki yang baik dan terlihat cantik. Design yang kami sarankan memang hanya dua jenis. Karena pada umumnya design yang digunakan adalah kedua design diatas. Yang terpenting dalam membuat design akuarium untuk ikan mas yaitu tetap memperhatikan kualitas air pada akurium itu sendiri dan juga selalu memberikan ruang berenang untuk ikan mas koki.