Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membesarkan Anak Ayam Lebih Cepat Agar Untung Maksimal

Cara membesarkan anak ayam lebih cepat perlu kita pelajari. Karena dengan memiliki keahlian yang dapat membuat anak ayam lebih cepat besar, secara tidak langsung kita membuat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.
Untuk membesarkan anak ayam lebih cepat kita perlu memberinya vitamn yang dapat mengatasi berbagai penyakit pada ayam itu sendiri. Dan yang lebih penting yaitu untuk menambah nafsu makan anak ayam tersebut.

Gambar anak ayam cepat besar

Biasanya yang membuat pertumbuhan anak ayam menajdi lambat yaitu pada faktor internal itu sendiri. Artinya penyebabnya sudah muncul ketika ayam masih berada di dalam telur. Selian itu, ada juga faktor eksternal yang membuat ayam memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Bahkan bisa juga karena faktor indukan yang kurang berkualitas dan juga penyakit ISS (Ifection Stuntuing Syindrom)

Biasanya masalah-masalah ini muncul ketika DOC berumur 10 – 14 hari. Selain penyakit ISS, ada juga beberapa virus yang juga mempengaruhi pertumbuhan anak ayam itu sendiri. Diantaranya reovirus, anterovirus, parvo virus,calicivirus, rota virus non-spesifik  dan  corona virus.


Baca Juga : Jadwal Vaksin Ayam Arab Yang Tepat Sesuai Prosedur


Untuk mempercepat atau membesarkan anak ayam lebih cepat, maka harus memiliki cara untuk menanggulangi atau mengatasi berbagai virus tersebut. Salah satu langkah yang bisa kita lakukan dengan cara memberikan Vitha Chicks. Yaitu multivitamin yang dikombinasikan dengan Growth Promoter Antibiotic yang berfungsi mempercepat pertumbuhan anak ayam. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi mengatasi stress dan mengurangi angka kematian pada anak ayam.

Untuk cara pemakian dapat dilihat sebagai berikut :
  1. Anak ayam umur 0 – 2 minggu, berikan berikan sebanyak 5 gram per 7 liter air minum setiap hari.
  2. Anak ayam umur 3 – 4 minggu, berikan sebanyak 5 gram setiap 12 liter air minum setiap hari
  3. Anak ayam umur 5 minggu hingga dewasa berikan 5 gram per 7 liter air setiap ada gangguan saja.

Baca Juga : Analisa Ternak Ayam Petelur 100 Ekor Yang Akurat