Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kandang Kucing Yang Benar Sesuai Standar

Cara membersihkan kandang kucing yang benar dan sesuai standar dalam pemeliharaan kucing masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Terutama pada penghobi kucing yang memiliki banyak kucing di rumahnya. Tentu kucing-kucing tersebut memiliki kandang bukan ?

Kebersihan kandang kucing sangat perlu dijaga dan diperhatikan oleh para pemiliki kucing. Karena dengan kandang yang tidak terjaga kebersihannya tentu akan membuat kucing kesayangan kita akan lebih mudah sakit. Dan yang biasa ditemui yaitu bulu kucing yang kita pelihara sering rontok.


Cara Membersihkan Kandang Kucing Yang Benar Sesuai Standar

Nah, untuk membersihkan kandang kucing ini tidak sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar kandang kucing atau rumah kucing kesayangan kita benar-benar bersih. Dan tentunya bebas dari penyakit yang siap menyerang kucing.

Berikut ini langkah-langkah atau cara membersihkan kandang kucing yang benar dan sesuai standar dalam pemeliharaan kucing :
  1. Cara membersihkan kandang kucing yang pertama yaitu dengan cara melakukan pengontrolan dan pembersihan secara rutin. Dianjurkan minimal sehari sekali. Selain itu ganti pasir dalam litter box dan cuci bersih litter box tersebut.
  2. Setelah itu, pastikan ada sirkulasi udara pada kandang atau rumah kucing. Hal ini sangat perlu karena jika sirkulasi udara pada kandang kucing buruk. Maka akan menyebabkan bau yang sangat tidak sedap.
  3. Semprot menggunakan air pada seluruh bagian kandang kucing atau rumah kucing. Penyemprotan ini dilakukan sekali dalam seminggu. Tambahkan pula desinfektan khusus untuk kandang kucing. Jangan lupa untuk menyikat beberapa detail kandang kucing yang sedang dibersihkan.
  4. Jemur kandang kucing atau rumah kucing sekali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kuman yang tersisa masih hidup karena kebal desinfektan.
  5. Yang terakhir semprotkan pengharum ruangan agar kandang tidak memiliki bau yang kurang sedap. Dan tentunya agar kucing kesayangan kita menjadi lebih betah berada di dalam rumahya.


Baca Juga : Mengatasi Bulu Ekor Kucing Botak Agar Cepat Tumbuh Kembali



Selain beberapa hal diatas, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Yakni ketika melihat kucing kita sedang buang kotoran, maka sesegera mungkin untuk membersihkan kotoran kucing tersebut. Sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga tidak menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan bagi si kucing.

Apabila kita menggunakan pasir zeloit atau pasir cuci. Sebaiknya setelah di cuci, pasir dijemur sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Sehingga bibit penyakit yang masih tertinggal akan hilang. Dan yang paling penting yaitu memandikan kucing secara rutin agar tetap sehat.