Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Output Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's SPSS


Setelah melakukan uji reliabiltas, tentu akan keluar hasil output dari data yang telah kita entry sebelumnya. Cara membaca output hasil uji reliabilitas alpha cronbach’s spss mungkin sedikit membingungkan bagi pemula. Sehingga banyak yang menanyakan cara membaca hasil output uji reliabilitas spss ini.

Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan panduan untuk membaca hasil output uji reliabilitas spss dengan lengkap. Silahkan ikuti panduan berikut ini!

Cara Membaca Output Uji Reliabilitas Alpha Cronbach's SPSS


Tabel Output Pertama “Case Precessing Summary"

Silahkan lihat tabel output hasil uji SPSS anda, pastikan tampilan hasil output yang ada pada program SPSS anda seperti pada gambar diatas. Hasil diatas memberikan informasi seputar jumlah sampel atau responden yang dianalisis dengan simbol (N). Pada tabel diatas, jumlah responden yang dihitung adalah sebanyak 20 orang. Karena semua data terisi (kuisioner telah diisi semua oleh responden) maka jumlah valid adalah 100%.

Gambar 1 Cara Membaca Output Hasil Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s SPSS


Tabel Output Kedua “Reliability Statistics”


Tabel output kedua ini sebagai dasar dalam pengambilan keputusan apakah semua item pertanyaan dalam kuisioner reliabel atau tidak. Jika di lihat dalam gambar tabel diatas, ada kolom N of Items, yang artinya adalah banyaknya item atau butir pertanyaan angket. Dalam tabel berjumlah 7.
Untuk angka atau hasil output dalam kotak merah menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha seluruh item adalah 0,850. Karena hasil output diatas lebih besar dari >0,60 maka dapat disimpulkan semua item pertanyaan pada kuisioner adalah konsisten atau reliabel.
Gambar 2 Cara Membaca Output Hasil Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s SPSS



Tabel Output Ketiga “Item-Total Statistics”

 Pada tabel ketiga ini menunujukkan hasil nilai statistik untuk masing-masing item (item_1 sampai item_7)
Untuk membacanya, silahkan lihat pada kolom “Cronbach’s Alpha if Item Deleted”. Dalam tabel tersebut terlihat hasil statisitik untuk uji reliabilitasnya. Untuk mengetahui apakah setiap item atau butir pertanyaan valid atau tidak, dasar keputusannya yaitu dengan melihat hasil uji diatas. Apabila hasil nilai Cronbach’s Alpha lebih dari 0,60 maka bisa dikatakan semua item tersebut reliabel.


Gambar 3 Cara Membaca Output Hasil Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s SPSS


Catatan :
Jika semua item kurang dari 0,60 maka gunakan r Tabel untuk melihat hasil keputusan uji reliabilitas yang kita lakukan. Seperti dalam bukunya [Joko Widiyanto, 2010: 43] “menjelaskan bahwa dasar pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas adalah sebagai berikut :
  • Jika nilai Cronbach’s Alpha > r tabel maka kuisioner dinyatakan reliabel
  • Jika nilai Cronbach’s Alpha < r tabel maka kuisioner dinyatakan tidak reliabel



Dari hasil output diatas, nilai yang Cronbach’s Alpha dalam uji Reliability Statistics sebesar 0,850. Jika dibandingkan dengan nilai r Tabel  maka hasil yang didapatkan juga reliabel. Karena nilai r tabel dengan jumlah nilai N = 20 pada tabel distribusi nilai r tabel dengan dignifikansi 5% diperoleh nilai r tabel sebesar 0,444. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar r tabel di bawah ini!

Gambar tabel “Distribusi Nilai R Tabel Signifikansi 5% dan 1%”

Itulah cara membaca output hasil uji reliabilitas Cronbach’s Alpha yang bisa kami berikan. Sebenarnya cukup mudah. Yang terpenting anda memiliki tabel distribusi terlebih dahulu untuk mengetahu nilai r Tabelnya yang digunakan sebagai dasar pengambilan sebuah keputusan.