Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Fermentasi air Kolam terpal Udang Galah Yang Benar

Sebelum bibit udah galah ditebar tentu saja kita harus melakukan fermentasi terlebih dulu pada air kolam. Tujuannya tentu agar sesuai dengan kebutuhan udang galah itu sendiri.
Banyak sekali yang bertanya terkait dengan proses fermentasi kolam terpal udang galah ini. Mungkin banyak para pelaku pembudidaya udang galah yang belum mengetahuinya. Terutama untuk para pemula. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara fermentasi air kolam udang galah yang benar.


Cara Ferementasi air Kolam terpal Udang Galah Yang Benar



Cara fermentasi air kolam terpal udang galah

Tujuan melakukan fermentasi pada air kolam budidaya udang galah yaitu untuk memperbanyak plankton yang nantinya sebagai pakan alami udang galah itu sendiri. Selain untuk menyiapkan pakan alami, fermentasi kolam terpal untuk udang galah juga berfungsi untuk menyiapkan media yang sesuai dengan kebutuhan udang galah itu sendiri.
Untuk cara fermentasi kolam udang galah dapat dilihat sebagai berikut :
  • Langkah pertama untuk proses fermentasi air kolam udang galah yaitu dengan memberikan prebiotik. Prebiotik yang digunakan yaitu jenis prebiotik lactobacillus.
  • Untuk mendapatkan prebiotik ini caranya dengan melakukan fermentasi menggunakan molase dicampur dengan pakan udang. Dosisnya yaitu 20 liter molase untuk 2 kilogram pakan udang.
  • Masukan campuran molase dan pakan udang tersebut ke dalam wadah.
  • Endapkan selama semalaman agar terjadi proses fermentasi.
  • Setelah proses fermentasi jadi masukan kedalam kolam dengan dosis 40 liter per 2 hari. Pemberian prebiotik hasil ferementasi ini dilakukan 3 hari sebelum penebaran benur ke kolam.
  • Selama 3 hari ini, kincir dinyalakan untuk membantu proses pengadukan. Atau jika anda menggunakan pompa air untuk kolam terpal ukuran kecil, nyalakan pompa tersebut untuk membantu mengaduk air kolam.
  • Jangan lupa untuk menambahkan garam agar air kolam menyerupai air payau.


Baca Juga : Usaha Ternak Lelee Modal 1 Jutaan Dengan Hasil Yang Maksimal


Itulah cara fermentasi air kolam terpal udang galah yang bisa anda lakukan. Proses ini harus dilakukan untuk meningkatkan aktivitas bakteri yang akan mempercepat laju pertumbuhan, memperbaiki kualitas air kolam dan juga meningkatkan daya tahan tubuh udang galah itu sendiri.

Selain itu juga untuk meningkatkan konversi pakan pada budidaya udang galah kolam terpal. Sehingga akan menambah keuntungan bagi pelaku budidaya udang galah itu sendiri.