Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Wolffia Di Kolam Terpal Untuk Skala Usaha Maupun Untuk Pakan Ikan


Cara budidaya wolffia saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku budidaya perikanan. Penyebabnya adalah wolffia ini menjadi salah satu pakan alternatif yang memiliki gizi sangat tinggi. Biasanya digunakan sebagai pakan ikan nila dan beberapa jenis ikan lain yang bersifat omnivora. Penggunaan pakan wolffia juga menjadi salah satu cara para pelaku usaha budidaya untuk menghemat penggunaan pakan pabrikan. Sehingga dapat menekan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.

Cara Budidaya Wolffia Di Kolam Terpal Untuk Skala Usaha Maupun Untuk Pakan Ikan


Cara budidaya wolffia sendiri sebenarnya sangat mudah. Karena pakan ini hampir mirip dengan lumut. Sehingga untuk budiaya wolffia sendiri tidak memerlukan perwatan khsusus seperti pada tanaman lainnya. Dan yang lebih menyenangkan, budidaya wolfifia di kolam terpal juga dapat berkembang biak dengan baik. Untuk lebih jelasnya terkait dengan informasi seputar cara budidaya wolffia di kolam terpal bisa anda simak pada informasi berikut ini!


Cara Budidaya Wolffia Di Kolam Terpal

Wolffia atau biasa disebut dengan Watermeal atau Duckweed merupakan tanaman bunga terkecil di bumi. Wolffia ini sering dimanfaatkan oleh para pelaku budidaya sebagai pakan tambahan untuk ikan-ikan yang dipeliharanya. Dipasaran, harga wolffia cukup mahal. Yakni mencapai 50 ribuan per kilogramnya. Selain itu, wolffia juga sering digunakan oleh para pelaku budidaya perikanan untuk pemurnian air dalam kolamnya. Untuk anda yang ingin membudidayakan wolffia silahkan simak langkah-langkah berikut ini.


1. Persiapan Kolam

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam cara budidaya wolffia di kolam terpal tentu saja persiapan kolam. Kolam untuk budidaya wolffia bisa menggunakan kolam terpal. Dengan ukuran panjang lebarnya bisa anda sesuaikan sendiri sesuai dengan luas perkarangan atau lahan yang anda miliki. Sementara untuk kedalaman kolam budidaya wolffia yakni 30 cm. Untuk lebih jelasnya silahkan baca rangkuman kolam budidaya wolffia berikut ini:
  • Kolam terbuat dari plastik atau terpal. Gunakan yang lebih hemat saja.
  • Luas kolam sesuaikan dengan kebutuhan anda
  • Tinggi kolam 30 cm lalu isi air setinggi 20 cm
  • Setelah itu masukan pupuk kandang kedalam kolam. Pastikan pupuk berada di dalam karung agar tidak membuat kotor atau keruh air kolam.
  • Biarkan pupuk tersebut berada di dalam kolam.



2. Penebaran Bibit

Setelah persiapan kolam selesai, langkah selanjutnya adalah penebaran bibit. Untuk mendapatkan bibitnya sendiri anda bisa membeli bibit wolffia di toko online banyak. Atau bisa langsung pesan ke marketing kami lewat chat WA 0858-9986-8466 dengan harga 50 ribu pengiriman dari Pati Jawa Tengah. Dengan berat 100 gram per kemasan.

Setelah anda membeli bibit wolffia, silahkan lakukan penebaran bibit dengan benar. Langkah penebaran bibit wolffia sudah kami rangkum berikut ini :
  • Buka bibit yang telah anda terima
  • Setelah itu, silahkan langsung menaburkan bibit pada kolam yang telah diberi pupuk kandang
  • Usahakan penaburan bibit merata.
  • Biarkan sampai panen.


 3. Masa panen

Setelah penebaran, waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah masa panen. Masa panen wolffia sendiri sekitar 2 minggu. Untuk cara panennya pun cukup mengambil sebagian dari seluruh jumlah wolffia yang ada pada kolam. Wolffia dapat langsung anda berikan pada ikan atau bisa dijual kembali.


Itulah cara budidaya wolffia kolam terpal. Sangat mudah bukan ?
Selain untuk menjadi pakan ikan di kolam pribadi, budidaya wolffia di kolam terpal ini juga bisa anda jadikan sebagai ladang usaha. Karena banyak sekali yang membutuhkan pakan wolffia sebagai pakan alternatif ikan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi.