Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berkembang Biak Ikan Hiu Di Lautan Lepas

Banyak pertanyaan seputar cara berkembang biak ikan hiu di lautan lepas. Memang seringkali menjadi perdebatan publik terkait dengan cara berkembang biak ikan hiu itu sendiri. Ada yang mengatakan bahwa ikan hiu berkembang biak dengan cara bertelur, ada juga yang mengatakan dengan beranak. Dan bahkan ada pula sebagian orang yang mengatakan bahwa cara berkembang biak ikan hiu bertelur dan beranak.
Lalu mana yang bernar?
Yuk, simak informasinya berikut ini!


Cara Berkembang Biak Ikan Hiu

Ikan hiu, merupakan ikan yang masuk ke dalam kelompok Elasmobranchii atau disebut juga dengan ikan bertulang rawan. Ikan ini berasal dari kelompok ikan Cartilaginous. Di Indonesia sendiri ikan hiu banyak tersebar di perairan laut dalam yang diperkirakan terdapat sekitar 84 spesies dari 200 spesies ikan hiu di seluruh dunia.

Untuk cara berkembang biak ikan hiu itu sendiri kebanyakan adalah ovovivipar. Yaitu berkembang biak dengan bertelur, tetapi telurnya tidak langsung dikeluarkan melainkan di erami di oviduk dalam tubuh induknya. Pengeraman ini dilakukan sampai menetas dan nantinya dilahirkan oleh induk ikan hiu.

Inilah yang menjadi penyebab banyak orang mengira bahwa cara berkembang biak ikan hiu adalah beranak atau melahirkan. Sejatinya ikan ini adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur namun tidak langsung dikeluarkan. Hewan yang juga memiliki cara perkembang biakan seperti ini yaitu kadal.

Itulah informasi mengenai cara berkembang biak ikan hiu di lautan lepas. Semoga dapat menambah wawasan kita untuk lebih mengenal tentang dunia perikanan. Khususnya tentang ikan hiu yang ada dilautan lepas.