Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok Dan Cara Mengatasinya

Cara agar bulu kucing tidak rontok sangat penting untuk diketahui oleh para pecinta kucing. Karena jika membiarkan kucing kita mengalami kerontokan bulu sama saja menyiksa kucing itu sendiri. selain itu, bulu merupakan bagian yang sangat penting bagi kucing. Sehingga kita tidak boleh membiarkan kerotokan bulu terjadi pada kucing kesayangan kita bukan ?

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok Dan Cara Mengatasinya
Gambar bulu kucing rontok

Cara agar bulu kuicng tidak rontok tidak hanya harus rajin disisir saja, ada beberapa lagkah yang harus kita lakukan agar bulu kucing tidak rontok. Cara yang paling umum agar bulu kucing tidak rontok yaitu dengan menjaga kesehatan bulu kucing tersebut.

Untuk informasi lengkapnya terkait dengan cara agar bulu kucing tidak rontok sebagai berikut :

1. Sikat Bulu Kucing Dengan Teratur

Cara agar bulu kucing tidak rontok yang pertama yaitu dengan cara menyikat bulu kucing secara teratur. Proses ini dilakukan agar kotoran yang ada pada bulu kucing terbuang. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan penyikatan pada bulu kucing sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu selama 5 – 10 menit.

Proses sikat bulu kucing juga tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyikat bulu kucing. Diantaranya sebagai berikut :
Agar bulu kucing tidak rontok tentu dilakukan penyikatan. Sikat bulu halus sebaiknya digunakan untuk kucing dengan bulu pendek. Dan sikat kawat untuk kucing bulu panjang
Perhatikan terlebih dahulu kondisi bulu kucing. Apabila pada bulu kucing terdapat bulu yang kusut sebaiknya jangan langsung di sikat. Melainkan rapikan terlebih dahulu.

2. Mandikan Secara Teratur

Cara agar bulu kucing tidak rontok selanjutnya yaitu rutin memandikannya. Memandikan kucing berfungsi untuk kesehatan kucing dan juga mencegah kucing dari kerontokan bulu. Proses ini dilakukan sebanyak 2 hingga 4 minggu sekali.

Untuk memandikan kucing ini tidak boleh asal juga, karena kucing tidak suka dengan air. Bahkan ada juga kucing takut dengan air. Oleh sebab itu lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Serta secara bertahap. Jangan lupa pada saat memandikan kucing ini gunakan produk khusus untuk bulu kucing. Sehingga rontok pada bulu kucing dapat teratasi.

3. Gunakan Makanan Yang Berkualitas

Cara agar bulu kucing tidak rontok tidak hanya melulu pada perawatan bulunya saja. Melainkan juga pada asupan makanan yang diberikan pada kucing. Karena makanan ini juga berperan penting utnuk kesehatan kucing dan juga kesehatan bulunya. Banyak sekali makanan yang cocok untuk kucing dan memiliki kualitas baik. Untuk itu gunakan makanan yang benar-benar mampu menjaga kesehatan kucing kita.

Selain itu, tingkatkan asupan lemak dan omega. Lemak omega 3 dan omega 6 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit serta bulu kucing. Untuk meberikan pakan yang baik, sebaiknya kita konsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan.

4. Bawa Ke Salon

Jika kita belum paham betul terhadap cara perawatan pada kucing, membawa kucing kesayangan ke salon hewan adalah pilihan yang tepat. Kucing kita akan mendapatkan perawatan yang tepat di salon tersebut sesuai dengan kebutuhan kucing itu sendiri. selain itu, kita juga dapat berkonsultasi jenis dan obat apa yang cocok dengan kucing kita. Dan juga dapat belajar bagaimana menerapakan perawatan kucing yang tepat agar bulu kucing tidak rontok dan tumbuh sehat serat cantik.