Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Sarang Kacer Yang Ideal Untuk Ternak Kacer

Bahan sarang kacer harus diperhatikan oleh para peternak yang akan memulai usah ternak kacer. Hal ini dilakuakn agar kacer merasa seperti sedang berasa dihabitat aslinya. Dan yang lebih penting, pemilihan bahan sarang kacer ini berfungsi agar kacer merasa nyaman pada saat proses perkawinan ataupun pada saat proses pengeraman.

Bahan sarang kacer sebenarnya bervariasi, tergantung kita sebagai peternak pintar-pintar untuk memilihnya. Selain harus memenuhi kebutuhan kacer, bahan sarang kacer juga harus diusahakan memiliki nilai yang sangat ekonomis dan mudah didapatkan.
Untuk itu, berikut ini informasi terkait dengan bahan sarang kacer yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat sarang kacer.


Bahan Sarang Kacer

Bahan Sarang Kacer

Bahan sarang kacer yang pertama bisa menggunakan kotak kayu. Kayu yang dipilih biasanya kayu yang memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. Untuk ukuran sarang kacer dari kayu bervariatif. Tetapi idealnya yakni memiliki ukuran panjang 15 cm, lebar 15 cm dan kedalaman sekitar 10-15 cm.
Jika anda membuat sarang kacer menggunakan kotak kayu, pastikan tidak ada paku yang menonjol. Buatlah serapi mungkin

Bahan sarang kacer kedua yang bisa anda pilih yakni terbuat dari potongan batang pohon kering. Batang pohon ini dilubangi dengan ukuran diameter 10-20 cm. Sedangkan kedalaman lubang sekitar 10-15 cm. Setelah itu potong sebelah sisinya, jadi dinding sarang hanya separuh. Ini dilakukan untuk mempermudah prose pengontrolan nantinya.


Baca Juga : Cara Menjodohkan Kacer Yang Baru Dibeli


Setelah kedua jenis sarang diatas telah anda buat dan diletakkan didalam kandang. Langkah selanjutnya yaitu tebar bahan sarang kacer disekitar lantai bawah. Bahan sarang kacer bisa dari bahan-bahan yang sudah kering. Biasanya para peternak menggunakan tangkai daun lamtoro, tangkai daun sengon, sabut kelapa, ijuk pohon aren atau bisa juga menggunakan daun cemara.
Sebagai saran, buatlah bahan sarang sebanyak 2 tempat dilokasi kandang yang berbeda. Biarkan kacer memilih tempat sarang yang akan dibuat sarang untuknya. Dan jangan pernah menabur atau meletakan bahan sarang kacer kering seperti tangkai daun lantoro dan lain-lain didalam sarang yang anda buat dari pohon atau kotak kayu tadi. Biarkan saja berada didasar kandang agar kacer membuat sarang dengan sendirinya.