Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Gelembung Ikan Tirus Yang Terkenal Memiliki Harga Mahal?

Gelembung ikan tirus yang memiliki harga mahal sempat menjadi perhatian dan membuat penasaran banyak orang. Maklum karena harga gelembung ikan ini mampu mencapai belasan juta rupaih per kilogramnya.
Gelembung ikan atau gelembung renang (Fish Maw) merupakan salah satu bagian dari organ ikan. Gelembung ini berfungsi seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah. Gelembung ikan ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi ikan. Yaitu untuk membantu ikan mengapung, sehingga ikan tidak harus terus menerus berenang untuk mempertahankan posisinya di dalam air.

gelembung ikan tirus

Biasanya gelembung ikan ini akan mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan berat jenis air pada kedalaman tertentu dan sekaligus menjadi salah satu alat untuk beradaptasi bagi ikan. Tetapi tidak semua jenis ikan memiliki gelembung ini. Ikan yang tinggal dilaut dalam dan beberapa ikan yang memiliki tulang rawan tidak memiliki gelembung. Semisal ikan hiu yang tidak memiliki gelembung.


Baca Juga : Cara Berkembang Biak Ikan Hiu Di Lautan Lepas


Dilansir dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP, mengatakan bahwa gelembung ikan ini memiliki banyak manfaat untuk manusia. Gelembung ikan di yakini dapat menjadi sebagai sumber kolagen, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kecerdasan pada bayi. Untuk gelembung ikan yang banyak dicari oleh nelayan yakni gelembung ikan jenis kakap, gulama dan ikan kurau.

Harga gelembung ikan ini berbeda-beda. Tergantung jenis ikan dan juga jenis kelaminnya. Gelembung ikan yang berjenis kelamin jantan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan ikan yang berjenis kelamin betina. Sementara untuk jenis ikan yang memiliki harga gelembung mahal yakni ikan gulama. Gelembung ikan gulama per kilogramnya mampu mencapai belasan juta rupiah. Sedangkan untuk urutan keduanya yaitu gelembung ikan kakap cina jantan dengan harga kisaran 10 juta rupiah.