Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa usaha budidaya ikan nila untuk memulai bisnis pembesaran nila

Analisa usaha budidaya ikan nila tentu sangat dibutuhkan untuk mengetahui seberapa menguntungkan jenis usaha ini. Selain itu, dengan melakukan analisa usaha budidaya ikan nila terlebih dahulu, tentu kita akan dengan mudah menghitung berapakah modal awal yang akan digunakan untuk budidaya ikan nila. Baik pemula maupun yang sudah berpengalaman dibidang usaha perikanan tentu saja sangat membutuhkan informasi ini.

Analisa usaha budidaya ikan nila untuk memulai bisnis pembesaran nila

Analisa usaha budidaya ikan nila yang akan kami bahas kali ini yaitu analisa usaha budidaya ikan nila kolam terpal. Mengapa memilih analisa usaha budidaya ikan nila kolam terpal ?
Karena metode budiaya ikan nila menggunakan kolam terpal merupakan metode yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu akan kami berikan analisa lengkapnya.
Untuk melihat analisa usaha budidaya ikan nila, silahkan simak informasi berikut :


Baca Juga : Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar Panen 4 Bulan Untuk Skala Usaha


Analisa Usaha Budidaya Ikan Nila

Analisa usaha budidaya ikan nila dapat anda lihat memalui tabel berikut :

Item
Harga (Rp)
Jumlah
Total Biaya (Rp)
Bibit ikan nila 30 cm
50
1000 ekor
50.000
Pakan apung pf.1000
130.000
1,5 sak
195.000
Pakan apung 781-2
200.000
1 sak
2000.000
Obat-obatan
-
-
25.000
Total modal
-
-
470.000


Keterangan :
  1. Pada tabel tersebut kita asumsikan bahwa ikan nila yang digunakan sebanyak 1000 ekor. Sehingga ketika anda akan memulai usaha pembesaran ikan nila dengan jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit. Silahkan disesuaikan semuanya. Termasuk ukuran kolam dan juga pakan yang akan digunakan.
  2. Untuk padat tebar yang kami gunakan yaitu sebesar 10 ekor per meter persegi. Sehingga ketika anda menghendaki penggunaan padat tebar tinggi, silahkan hitung ulang luas kolam dan juga terpal yang dibutuhkan.
  3. Ikan nila dipanen pada saat berumur 7 bulan. Dengan target panen yaitu 1 kilogram berisi 3 ekor ikan nila. Sedangkan harga jual kita asumsikan sebesar 15.000 rupiah per kilogram. Jika harga jual sekitar tempat tinggal anda tidak sama. Silahkan kembali dihitung ulang.

Baca Juga : Padat Tebar Ikan Nila Yang Ideal Untuk Skala Bisnis


Keuntungan :
Target panen yaitu 40% dari total keseluruhan bibit. Sehingga akan menghasilkan sebanyak 133 kilogram ikan nila siap jual. Dengan asumsi harga jualnya Rp 15.000,00 per kilogram.
Dengan begitu keuntungan yang akan diperoleh yaitu Rp 1.260.000