Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Cara Memulai Bisnis Di Era Modern Yang Wajib Kita Pahami

JSMALFAMART.COM7 Langkah Cara Memulai Bisnis Di Era Modern Yang Wajib Kita Pahami
Cara memulai bisnis tentu sangat penting untuk kita pahami agar bisnis yang kita jalankan nantinya berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Banyak orang yang awam ingin berbisnis tetapi tidak mengerti cara memulai bisnis. inilah yang nantinya akan membuat bisnis berhenti di tengah jalan atau mengalami kebuntuan.


tips bisnis


Di era modern seperti saat ini, banyak kalangan anak muda atau biasa disebut sebagai generasi milenial yang memilih untuk terjun ke dunia bisnis. Menurutnya bisnis sendiri memliki fleksibilitas dan memungkinkan kita untuk bekerja sesuai dengan hobi.
Dilansir dari Cosmopolitan UK “30 persem (anak muda usia) 16-30 tahun ingin berusaha sendiri dalam beberapa waktu di hidupnya” kata Stephen Warnham, pakar karier di Totaljobs.

Nah, sebelum anda memulai bisnis yang menjadi impian selama ini. Daripada terburu-buru dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal cara memulai bisnis di bawah ini!

1. Menabung Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai bisnis yaitu dengan menabung terlebih dahulu. Sebaiknya anda sebagai anak muda yang ingin terjun kedunia bisnis setidaknya memiliki sejumlah uang di tabungan pribadi. Karena apapun ide bisnis yang anda gagas, sebaik apapun itu pada akhirnya tetap akan membutuhkan modal. Dan tentu saja jika anda memiliki tabungan tentu akan sangat berguna pada fase ini.

Mungkin anda bisa berfikir bahwa untuk masalah modal bisa didapat dari pinjaman modal terlebih dahulu. Misal dari bank atau leasing. Tetapi apakah hal ini sangat optimal jika dilakukan oleh pemula dan benar-benar tidak memiliki tabungan pribadi sedikitpun. Misal, dalam beberapa bulan kedepan bisnis anda tidak lagi menguntungkan. apa yang akan anda lakukan dengan tagihan dari pihak penjamin modal ?


2. Pilih Nama

Terdengar sangat klasik dan sederhana. Padahal nama ini nantinya akan berpengaruh pada bisnis kita. Nama itu yang nantinya akan menjadi brand yang akan dikenal oleh masyarakat luas. Mungkin sebagain orang memilih nama dari bisnis yang akan ditekuni adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Tetapi terkadang justru akan membuat kita bingung. Karena mau tidak mau kita harus menemukan nama yang unik dan kemungkinan besar mudah diingat oleh masyarakat

Yang perlu diperhatikan dalam memilih nama pada sebuah bisnis adalah hak cipta. Jadi bukan hanya mudah dikenal, tetapi nama bisnis anda benar-benar orisinil. Pastikan tidak melanggar hak cipta orang lain. Karena banyak kasus pemilik usaha memilih nama, membuat situs yang keren ternyata melanggar hak cipta milik orang lain. Jangan sampai hal ini terjadi pada anda juga.


3. Daftarkan Merek Dan Usaha

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis yang baik yaitu dengan mendaftarkan usaha dan merek. Ini akan menjadi kekayaan intelektual pada bisnis anda nantinya. Dan jangan lupa untuk membuat badan hukum untuk usaha anda. Misal berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau bisa juga pada badan yang lebih kecil yaitu Persekutuan Comanditer (CV). Dengan membuat badan hukum tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, nantinya kita juga akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dengan aman dan nyaman.


4. Susun Rencana Bisnis

Setelah semua tahapan diatas berhasil anda lewati. Tahapan selanjutnya yang tak kalah penting dalam memulai sebuah bisnis yaitu dengan menyusun rencana bisnis yang baik. Rencana bisnis ini bisa berupa analisis pasar, rencana keuangan hingga proyeksi bisnis untuk kedepannya.
Nah, untuk menyusun rencana bisnis ini harus benar-benar matang. Mungkin kita akan membutuhkan waktu ekstra untuk mendapatkan rancangan yang benar-benar sesuai dengan identitas dan kebutuhan bisnis kita.


5. Buka Rekening Bisnis

Tak kalah penting dengan langkah sebelumnya dalam memulai sebuah bisnis. membuka rekening bisnis sangat penting dan harus dilakukan. Sebagai seorang bisnisman yang profesional tidak akan pernah mencampur rekening bisnis dengan rekening pribadi. Sehingga tidak akan merumitkan anda sendiri ketika akan mengelola keuangan bisnis kita.


6. Go Online

Go Online, era modern seperti ini sangat membutuhkan Go Online. Ini akan membuat bisnis kita menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tidak bisa dipungkiri bahwa di berbagai belahan dunia sudah beralih pada sistem online yang akan memudahkan semua orang. Nah, kita juga harus ambil bagian pada tahap ini. Jangan sampai tertinggal dengan kompetitor sejenis yang sudah mulai duluan. Tentu menjadi yang kedua sangat sulit. Lebih sulit dibandingkan sebagai pioneer.

7. Kelola Keungan Dengan Baik

Kunci sukses sebuah bisnis adalah pengelolaan keungan yang baik. Kita bisa melihat di berbagai perusahaan contohnya. Mereka tentu memiliki orang yang benar-benar ahli dalam mengelola keuangan bukan ?
Ini terjadi karena keuangan memang sangat penting. Kita harus memperhatikan arus kas, keuntungan, biaya hingga pajak. Untuk itu, jika anda tidak menguasai soal keuangan setidaknya mengerti dasar-dasar cara bekerjanya uang di sebuah ruang lingkup bisnis.

Untuk menjalankan semua langkah diatas, mungkin akan ada beberapa kendala bagi anda. Memang itu hal yang lumrah, sebab tidak bisa kita pungkiri fakta bahwa tidak semua pekerjaan bisa kita atasi. Cobalah untuk mencari asisten yang benar-benar kompeten dibidang  sesuai dengan kebutuhan anda. Sehingga anda akan dibantu oleh pengelola atau asisten yang profesional.